Prosesi Kirab Pemilu di Pekanbaru Tingkat I Sudah Dimulai

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekanbaru akan menggelar Kirab Pemilu 2024 selama tujuh hari. Selama kira-kira, penyelenggara Pemilu ini akan melakukan sosialisasi ke warga. 

Prosesi pelaksanaan kirab dimulai dari acara seremonial penyerahan di Jalan Gajah Mada Pekanbaru, Pada Minggu 28 Mei 2023 bertepatan dengan jalan sehat dalam rangka HUT Kota Pekanbaru tahun 2023.

Ketua KPU Riau, Ilham M Yasir saat menyampaikan sambutan mengungkapkan perkiraan pelaksanaan Pemilu 2024 ini memiliki arti penting untuk meningkatkan angka partisipasi masyarakat pada Pemilu ini.

“Angka partisipasi kita dari tahun 2014 ke 2019 mengalami peningkatan yang signifikan, yakni di atas 84 persen. Kita harapkan, pada Pemilu 2024 ini, akan bisa lebih tinggi lagi warga negara yang menggunakan hak demokrasinya,” ucap Ilham.

Sebelumnya, Ketua KPU Pekanbaru Anton Merciyanto mengatakan, Kirab Pemilu 2024 akan digelar selama tujuh hari. Pada hari pertama adalah penyerahan atau seruan menerima bendera Kirab Pemilu dari Ketua KPU Dumai, Darwis.

“Pada hari kedua hingga keempat, kami melakukan sosialisasi terkait Pemilu yang akan difasilitasi oleh Pemko Pekanbaru melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol),” ujar Anton.

Menurut Anton M, sedangkan pada hari kelima, KPU melakukan sosialisasi di tempat keramaian, tepatnya di mal sedangkan hari keenam, KPU akan mengibarkan bendera partai politik keliling Kota Pekanbaru.

“Hari ketujuh, KPU Pekanbaru sosialisasi Pemilu lagi di pasar-pasar tradisional. Hari kedelapan, KPU mengantarkan bendera Kirab Pemilu ini ke KPU Kabupaten Kampar. “Kirab Pemilu ini guna mengabarkan pelaksanaan Pemilu 2024,” ucap Anton.

Ucapan terimakasih disampaikan Anton M kepada Ketua KPU Kota Dumai, Darwis yang membawa tim Kirab Pemilu ke Pekanbaru. 

“Selama di Dumai banyak kegiatan yang dilaksanakan, terutama menyosialsiasikan dari Pemilu 2024, hari ini kami serahkan ke KPU Kota Pekanbru,” kata Darwis.

Di sisi lain, Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun dalam acara jalan Sehat dan Kirab Pemilu 2024 mengatakan, seiring dengan rangkaian HUT Pekanbaru ini, diadakan acara Kirab Pemilu 2024. Itu tandanya Pemilu 2025 akan digelar sebentar lagi.

“Saya mengimbau agar warga menggunakan hak pilih di tempat pemungutan suara. Agar partisipasi pemilih meningkat,” ujarnya.

Diingatkan bawha Pemilu ini adalah suara masyarakat. Maka Pemilu 2024 harus bersih dari politik uang.

“Saya ingin wakil rakyat adalah orang yang dipilih berdasarkan hati nurani dan bukan berdasarkan uang. pilih orang yang setia dan total untuk Pekanbaru ini,” pungkas Muflihun. 

Editor:Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *