Momen Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT KPI Unit Dumai Ajak Masyarakat Bersihkan Pantai

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Guna memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia, PT Kilang Pertamina Internasional (PT KPI) Unit Dumai, mengajak masyarakat setempat untuk berpartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih pantai yang bertujuan untuk mencintai dan menjaga lingkungan.

Kegiatan ini akan dihadiri lebih kurang 300 peserta yang pelaksanaannya dipusatkan di Pantai Marina, Kelurahan Teluk Makmur, Kecamatan Medang Kampai, Dumai pada Sabtu tanggal 10 Juni 2023 mendatang, bekerjasama dengan PT Pertamina Hulu Rokan WK Rokan. 

Kegiatan serupa juga akan dilaksanakan secara serentak di 47 titik di seluruh Indonesia. Rencananya, kegiatan akan dilakukan secara relay bersama-sama dengan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya.

Area Manager Communication, Relation & CSR KPI Unit Dumai, Agustiawan menjelaskan kegiatan ini merupakan upaya untuk mengajak masyarakat Dumai dan Riau secara umum agar peduli terhadap kebersihan lingkungan. 

“Harapan kami kegiatan ini akan meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga pantai dan mengurangi polusi plastik. Kami mengangkat tema “Beat Plastic Pollution” di kegiatan ini, dan diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang dampak negatif penggunaan plastik secara berlebihan terhadap lingkungan,” ucapnya Rabu 7 Juni 2023.

Berdasarkan situs Kementerian Lingkungan Hidup RI, timbulan sampah plastik di Indonesia merupakan kedua terbanyak dari total timbulan sampah berdasarkan komposisi, yaitu 18,05%. Hal ini perlu perhatian khusus karena sampah plastik tidak mudah terurai dan akan mengganggu kelestarian lingkungan.

“Semoga kegiatan Coastal Clean Up mendatang bisa diikuti secara antusias oleh masyarakat. Dan yang terpenting adalah menghidupkan budaya mencintai dan menjaga lingkungan,” tutupnya.

Selain di Pantai Marina Kota Dumai, PT KPI Unit Dumai juga akan menyelenggarakan kegiatan serupa di lokasi sekitar Pelabuhan Roro Sei Pakning dan Outlet Separator Kabupate Bengkalis. Dua titik kegiatan ini merupakan bagian dari peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia yang dilaksanakan serentak se-Indonesia.

Editor: Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *