Banteng Bersayap Kupu-kupu Dibedah Tiga Ahli Sosial Politik

Karya buku Banteng Bersayap Kupu-kupu

* Karya literary Mosthamir Thalib

LAMANRIAU.COM, PEKANBARUBanteng Bersayap Kupu-kupu, karya litelatur liris Mosthamir Thalib akan didedah-bedah tiga pakar berbeda disiplin ilmu dari tiga kampus yang berbeda, Sabtu 24 Juni 2023 nanti, di Perpustakaan Wilayah (Puswil) Provinsi Riau H Soeman Hs, Pekanbaru.

“Agak tidak biasa kita membahas karya sastra, khususnya karya puisi. Sekali ini yang mendedah dan membedahnya bukan saja oleh pakar sastra, tetapi juga oleh ahli hukum tata negara dan ahli sosial politik,” kata Listi Mora Rangkuti, ketua Komunitas Riau Sastra, kemarin.

Tiga pendedah dan pembedah buku pada acara yang ditaja Puswil H Soeman Hs bersama Komunitas Riau Sastra ini, sebut Listi, Prof Dr Malik M.Pd dari Universitas Maritim Raja Ali Haji (Umrah) Tanjungpinang, Riau Kepulauan, selain dua pembedah dari Riau daratan Dr Husnu Abadi M.Hum – pakar hukum tata negara dari UIR, dan Dr Muchid Albintani M.Philp dari Fisip, Unri.

Listi Mora Rangkuti, ketua Komunitas Riau Sastra

Menurut Listi, karya-karya dalam buku ini agak spesifik. “Dan, tampaknya keren,” tambahnya. “Selain memperkenalkan inovasi puisi yang berakar karya-karya Melayu klasik – yang di sini ada artikeliris dan igal-igalan – juga ada talibun dan gurindam yang sudah dapat sentuhan baru.”

Hal tidak kalah menarik yang ditampilkan dalam buku setebal hampir 300 halaman ini, kata Listi, soal temanya yang up to date, khusus mengupas situasi kondisi dunia sosial politik ekonomi dari masa ke masa hingga kini serta ada prediksi puisinya masa-masa ke depan.

Oleh karena itu, Listi Mora mengatakan, Komunitas Riau sengaja menghadirkan tokoh yang pakar di bidangnya, seperti Prof Dr Abdul Malik M.Pd, yang selain dosen juga merupakan “begawan” budayawan Melayu yang sudah banyak malalang buana di alam dunia Melayu, khususnya di Asia Tenggara.

Dr Husnu Abadi M.Hum, selain dosen yang sering jadi saksi ahli juga merupakan seniman budayawan. Juga dengan Dr Muchid Albintani M.Phil., selain dosen ahli sosial politik, juga dikenal dengan seniman cendekiawan yang sudah banyak melahirkan buku, baik buku akademis, umum, maupun sastra budaya.

Listi mengatakan, dia bersama Komunitas Riau Sastra mengucapkan terima kasih kepada Kadis Perpustakaan dan Kerarsipan Pemprov Riau, Dra Hj Mimi Yuliani Nazir, Apt., MM karena berkenan menyelenggarakan diskusi ini bersama komunitas Riau Sastra.

Pendedahan dan pembedahan pada peluncuran buku ini juga didukung DPD PAPRI Riau, Danish TV, LamanRiau.com dan Yayasan Karya Riau, bersama Laman Wak Atan. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews