Panitia Kurban Masjid At-Taqwa Simpang Kelayang Sembelih 4 Ekor Kerbau, Sapi dan Kambing

Proses penyembelihan hewan kurban di halaman samping Masjid Raya At-Taqwa Kelurahan Simpang Kelayang, Kamis (29/06/2023). (Foto: Asrul Hadi)

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Sebanyak 4 ekor kerbau, 4 ekor sapi, dan 4 ekor kambing dikurbankan di Masjid Raya At-Taqwa Kelurahan Simpang Kelayang Kecamatan Kelayang Kabupaten Indragiri Hulu pada Idul Adha 1444 H tahun ini.

“Jumlah tersebut lebih banyak dibanding Idul Adha tahun lalu,” ujar Ketua Panitia Kurban, Suhardiman, S.Sos, disela-sela pelaksanaan penyembelihan hewan di halaman masjid At -Taqwa Simpang Kelayang, Kamis 29 Juni 2023.

Ia mengatakan, hewan kurban itu berasal dari warga sekitar. Selain itu, terdapat satu ekor sapi yang merupakan hewan kurban dari Kasat Samapta Polres Inhu AKP Martias Ashari dan keluarga, yang menyaksikan langsung penyembelihan hewan tersebut.

“Daging-daging hewan kurban tersebut akan dibagikan kepada warga dua lingkungan yakni Lingkungan Pasar dan Lingkungan Lebuh Pendek Kelurahan Simpang Kelayang,” jelas Suhardiman.

Pada kesempatan itu, Suhardiman juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada para peserta kurban dan berharap setiap tahunnya terus dilaksanakan di masjid ini. Pelaksanaan pemotongan hewan kurban selalu berjalan lancar, hal ini berkat adanya kerjasama warga.

“Mereka saling bahu membahu membantu panitia, sehingga pelaksanaan kurban di Masjid At-Taqwa ini semuanya berjalan lancar,” tambah Suhardiman.

Petugas paramedik veteriner sedang memeriksa karkas, daging dan jeroan hewan qurban di Masjid At-Taqwa Simpang Kelayang. (Foto: Asrul Hadi)

Sementara, Koordinator Paramedik Veteiner Puskewan Kecamatan Kelayang Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Inhu, Armanto, mengatakan, hewan- hewan kurban di Masjid At-Taqwa Simpang Kelayang layak dan aman untuk dikonsumsi. 

Armanto bersama petugas paramedik veteiner Benni Karna Putera yang saat itu sedang melakukan pemeriksaan mengatakan, dari hasil pemeriksaan prilaku dan fisik pada hewan sebelum disembelih (pemeriksaan antemortem), tidak ditemukan hewan cacat dan sakit.

Begitu juga dari hasil pemeriksaan setelah disembelih (pemeriksaan posmortem), kualitas karkas, daging dan jeroan, dinyatakan aman dan layak untuk dikonsumsi. 

“Jadi, dari hasil pelaksanaan pemeriksaan antemortem dan posmortem terhadap hewan-hewan qurban di Masjid At-Taqwa Kelurahan Simpang Kelayang Kecamatan Kelayang, seluruh hewan kurban dinyatakan layak serta memenuhi syarat secara syariat dan aman untuk dikonsumsi,” pungkasnya.

Armanto juga mengatakan, jumlah hewan kurban Idul Adha 1444 H yang akan disembelih di Kecamatan Kelayang sebanyak 15 ekor kambing, 97 ekor sapi dan 15 ekor kerbau yang tersebar di 16 desa satu kelurahan. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *