Pemkab Inhu Kembali Wisuda 5.180 siswa MDTA/MDTW, Setelah Tiga Tahun Absen

Sekda Kabupaten Indragiri Hulu Hendrizal melakukan prosesi wisuda kepada siswa MDTA/MDTW se Inhu.

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Sempat absen selama tiga tahun akibat pandemi, Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) kembali menyelenggarakan wisuda akbar siswa dan siswi MDTA/MDTW se-Kabupaten Inhu, Rabu 30 Agustus 2023.

Antusias ribuan siswa dan para orang tua memenuhi lapangan Kantor Bupati Inhu yang menjadi lokasi pelaksanaan wisuda, tak menyurutkan mereka meski cuaca mendung dan gerimis.

Di tenda utama dari belasan tenda yang didirikan, terlihat Sekda Inhu Hendrizal didampingi unsur forkopimda, Kakan Kemenag Inhu dan para kepala OPD dan camat. Sementara 14 tenda lainnya ditempati seluruh peserta.

Rangkaian acara dimulai dengan pembacaan ayat suci Alqurlan dan doa oleh salah satu peserta wisuda.

“Alhamdulillah tahun ini pemerintah daerah dapat kembali melaksanakan wisuda akbar MDTA/MDTW setelah tiga tahun terhenti akibat pandemi,” ucap Sekda Hendrizal membacakan sambutan Bupati Inhu.

Sebagai agenda rutin tahunan, kata Sekda tahun ini merupakan tahun kesepuluh pemerintah daerah menyelenggarakan wisuda serentak ini.

“Sehingga ini bukan lagi soal pencitraan, namun bukti komitmen tentang betapa pentingnya pendidikan diniyah sebagai upaya memberantas buta aksara Al Quran dan menciptakan generasi yang berakhlakul karimah,” terangnya.

Sekda juga menegaskan bahwa pemerintah daerah di tahun ini tetap mengalokasikan anggaran untuk insentif para guru MDTA dan MDTW.

“Sementara honorarium bulan juli dan agustus ini yang sempat terkendala, saya telah memerintahkan Kadisdikbud untuk menyelesaikan proses adiministrasi dan segera dibayarkan,” tegasnya.

Prosesi wisuda dimulai bagi siswa MDTA/MDTW berprestasi oleh Sekda Inhu Hendrizal bersama Kakan Kemenag dan unsur forkopimda. Sementara peserta lainnya dipercayakan kepada para kepala OPD.

Pada gelaran wisuda ini turut diserahkan bantuan senilai Rp 480 juta rupiah kepada 960 mustahiq dari seluruh kecamatan. Bantuan ini merupakan program pengentasan kemiskinan ekstrim dari Baznas Kabupaten Inhu. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *