Riau  

Provinsi Riau Raih Rekor MURI dengan Tarian 10 Ribu Penari Riau Memukau dalam Gebyar BBI BBWI 2024

LAMANRIAU.COM,PEKANBARU – Provinsi Riau memperoleh prestasi luar biasa dengan meraih Piagam Penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) dalam kategori tari Serentak Riau yang melibatkan 10 ribu peserta. Pencapaian gemilang ini terjadi dalam acara pembukaan Gebyar Gerakan Nasional (Gernas) Bangga Buatan Indonesia (BBI), Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI), dan Lancang Kuning Carnival tahun 2024.

Seluruh peserta menampilkan semangat dan antusiasme yang memukau saat mereka menari. Acara ini berlangsung di beberapa lokasi, termasuk halaman Kantor Gubernur Riau, Jalan Sudirman, Jalan Cut Nyak Dien, dan Jalan Cut Meutia, pada Jumat malam tanggal 3 Mei 2024.

Piagam rekor MURI di serahkan oleh Direktur Operasional Museum Rekor Indonesia (MURI) Yusuf Ngadri kepada Pj Gubernur Riau (Gubri) SF Hariyanto. Provinsi Riau mendapat pujian secara langsung dari Menteri Perhubungan Republik Indonesia, Budi Karya Sumadi.

Menurut Menteri Perhubungan RI, Budi Karya, Provinsi Riau sangat mengagumkan karena berhasil memecahkan rekor MURI melalui gerakan-gerakan yang mencerminkan identitas budaya Melayu dengan sangat baik. Oleh karena itu, ia memberikan apresiasi atas pencapaian yang telah diraih oleh Provinsi Riau.

“Riau keren sekali, dalam puncak acara ini ada beberapa kegiatan yang membanggakan, dan yang paling membanggakan adalah pada malam-malam hari ini adik-adik menari 10.000 orang. Ini merupakan juara dunia,” ucapnya.

Dijelaskan, ini bukti kerja sama yang solid antara berbagai elemen dan masyarakat, sehingga menjadi kunci keberhasilannya. Oleh karena itu, sudah sepantasnya Riau menjadi tujuan wisatawan untuk dikunjungi.

“Tercatat mendekati 2 juta wisatawan yang datang ke Riau, ini bisa menjadi contoh salah satu daerah yang memang mempunyai kreativitas sehingga turis berkenan mau melaksanakan kegiatan di Riau,” jelasnya.

Tak hanya mencetak rekor Muri, Gebyar Gernas BBI BBWI juga menjadi momentum penting untuk Riau sebagai tuan rumah penyelenggaraan event dalam mendapatkan berbagai keuntungan. Hal ini lantaran, kegiatan tersebut memiliki peluang besar pada industri UMKM dan sektor pariwisata khasnya.

Dituturkan Pj Gubri SF Hariyanto, setelah sukses melaksanakan kegiatan BBI BBWI tahun 2023 lalu, tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya untuk melaksakan kegiatan serupa. Namun, agar lebih menarik, Pemprov Riau tahun mengemasnya dengan kegiatan Lancang Kuning Carnival 2024.

“Tahun lalu, dari kegiatan ini berhasil mencatatkan transaksi mencapai Rp63 miliar. Berdasarkan kesuksesan itu, tahun ini Pemprov Riau kembali dipercaya melaksakan kegiatan serupa,” pungkasnya.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *