KPU Riau Targetkan Peningkatan Partisipasi Pemilih di Pilkada 2024

LAMANRIAU.COM,PEKANBARU – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Riau menargetkan peningkatan partisipasi pemilih dalam Pilkada tahun ini. Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan, berambisi meningkatkan partisipasi hingga 80 persen.

Pernyataan ini disampaikan oleh Rusidi saat memberikan sambutan pada peluncuran tahapan dan jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Riau tahun 2024. Acara tersebut berlangsung di Halaman Anjungan Seni Idrus Tintin, Kota Pekanbaru, pada Senin malam, 20 Mei 2024.

“Tentu kita ingin bahwa partisipasi pemilih lebih meningkat dari Pilkada 2018 yang tercatat 59 persen. Kita menargetkan Pilkada tahun ini partisipasinya mencapai 80 persen,” katanya.

Dijelaskan, pihaknya saat ini telah berupaya untuk meningkatkan kesadaran demokrasi bagi masyarakat di daerah jelang proses Pilkada. Ia menambahkan, sosialisasi terus digencarkan agar pelaksanaan pemilihan dapat lebih baik dari sebelumnya.

“Saya percaya dengan pengalaman kita melaksanakan baik pemilihan Presiden maupun pemilihan legislatif yang sudah kita laksanakan secara sukses pada 14 Februari tahun 2024 yang lalu, kita memiliki pengalaman dan pengetahuan yang cukup untuk mempersiapkan dan melaksanakan tahapan pemilihan Gubernur tahun 2024 ini jauh lebih baik dibanding dengan pelaksanaan Pilkada sebelumnya,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia ungkapkan tentu diperlukan sinergitas dan tanggung jawab bersama untuk menyukseskan Pilkada di provinsi Riau. Dengan begitu, dirinya mengajak setiap pemangku kepentingan dan elemen masyarakat bisa saling mendukung menyukseskan pemilihan kepala daerah.

“Kami menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk ikut serta dalam mendukung pelaksanaan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Tahun 2024, ini kami sangat menyadari betul bahwa suksesnya pelaksanaan pemilihan ini harus kita dukung bersama dan bahu-membahu sesuai dengan kewenangan kita masing-masing,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU RI, Mochammad Afifuddin, berharap pelaksanaan Pilkada serentak di Provinsi Riau dapat berlangsung dengan lancar dan sukses. Ia menginginkan pemimpin berkualitas yang mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat terpilih dalam pilkada tersebut.

“Kami berharap semua proses pilkada nanti berjalan sukses, 27 November bisa berjalan lancar dan pada akhirnya kita memiliki pemimpin yang berkualitas untuk menyejahterakan kita semua,” ujarnya.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *