Kampar  

Peresmian Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar Oleh Presiden Joko Widodo, Meningkatkan Konektivitas dan Ekonomi Riau

LAMANRIAU.COM,KAMPAR –  Berita baik bagi masyarakat Provinsi Riau, Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar telah resmi dibuka. Jalan tol sepanjang 24,7 kilometer ini diharapkan mampu meningkatkan konektivitas antarwilayah serta mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah.

Jalan Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar kini sudah dapat digunakan setelah diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, bersama Pj Gubernur Riau, SF Hariyanto. Peresmian tersebut berlangsung di Gerbang Tol XIII Koto Kampar pada Jumat pagi, 31 Mei 2024.

Diterangkan Presiden RI Jokowi, ruas jalan tol tersebut merupakan sektor penting untuk penguhubung Riau-Sumatera Barat yang bisa di manfaatkan masyarakat.

Karena menurut beliau, Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar ini adalah tonggak bagi pembangunan infrastruktur yang nantinya akan membawa dampak positif untuk percepatan pertumbuhan ekonomi serta mobilitas antardaerah.

“Ini adalah sirip dari tol Trans Sumatera yang kita harapkan nanti setiap tahun akan sambung-sambung dan nanti sampai Pekanbaru, sampai ke Kota Padang,” terangnya.

Ia berpesan, kepada pemerintah daerah supaya dapat membuat perencanaan untuk rancangan dari arah tol menuju kawasan produktif. Oleh karna itu, jalan tol ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan mobilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera.

“Ini adalah bagian dari tol Trans Sumatera yang kita harapkan setiap tahun akan terus terhubung, hingga mencapai Pekanbaru dan Kota Padang,” jelasnya.

Ia berpesan kepada pemerintah daerah agar dapat merencanakan rancangan yang menghubungkan tol dengan kawasan produktif. Oleh karena itu, jalan tol ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk meningkatkan mobilitas dan mendorong pertumbuhan ekonomi di Pulau Sumatera.

“Saya titip kepada Gubernur, Bupati dan Wali Kota yang hadir agar jalan tol yang telah selesai ini direncanakan didesain untuk disambungkan ke kawasan produktif. Baik itu kawasan pertanian, perkebunan dan pariwisata. Sehingga betul-betul ril ada manfaatnya rakyat dan bagi pertumbuhan ekonomi daerah,” ujarnya.

Warga setempat pun menyambut gembira dengan beroperasinya Tol Bangkinang-XIII Koto Kampar. Mereka berharap tol ini dapat mempercepat waktu tempuh dan mengurai kemacetan di jalan raya yang selama ini sering terjadi.***

Editor:Fahrul Rozi/Penulis:M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *