Polda Riau Gelar Riau Bhayangkara Run 2024

Polda Riau Gelar Riau Bhayangkara Run 2024

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Polda Riau kembali menggelar acara Riau Bhayangkara Run 2024 untuk merayakan HUT Bhayangkara Ke-78. Pada hari pertama pendaftaran dibuka, tercatat sebanyak 1.500 orang telah mendaftar.

Jumlah pendaftar tersebut disampaikan oleh Kapolda Irjen Mohammad Iqbal dalam rapat koordinasi bersama Pemprov Riau dan Pemkot Pekanbaru. Rapat bersama ini diadakan di lantai 5 Mapolda Riau.

“Hari pertama sudah hampir 1.500 orang mendaftar. Artinya antusias pelari cukup tinggi di event kedua kita ini,” ujar Kapolda Riau, Irjen Mohammad Iqbal di Pekanbaru, Kamis 20 Juni 2024.

Berbeda dari tahun lalu yang gratis, tahun ini ada biaya pendaftaran sebesar Rp 170-370 ribu. Namun, hal itu tidak mengurangi minat peserta untuk mendaftar.

“Memang ini berbayar, tapi biaya tersebut tidak sebanding dengan manfaat kesehatan yang kita peroleh. Saya pikir komunitas lari justru menginginkan ada biaya pendaftaran. Tahun lalu kami mendapatkan 2.000 peserta dengan pendaftaran gratis, sedangkan tahun ini hanya dalam satu hari sudah ada 1.400 orang yang mendaftar,” ucap Kapolda.

Event Riau Bhayangkara Run yang digagas Irjen Mohammad Iqbal sendiri rencana digelar pada Minggu, 14 Juli mendatang. Rute lari yakni di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman, Kota Pekanbaru.

Irjen Iqbal memastikan bahwa acara tersebut tidak hanya menjadi ajang olahraga, tetapi juga berfungsi sebagai sarana promosi dan pemberdayaan UMKM di Riau, terutama di Pekanbaru.

Dalam event ini, setidaknya ada tiga kategori rute yang tersedia, yaitu 5K, 10K, dan 21K. Selain kegiatan lari, acara ini juga akan menampilkan berbagai hiburan seperti pertunjukan tradisional, pameran UMKM, dan penampilan artis papan atas.

Irjen Iqbal menyatakan bahwa lari bukan sekadar hobi, tetapi sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat, sehingga diperlukan wadah untuk menyalurkannya.

“Lari bukan hanya sekadar hobi. Ini sudah menjadi bagian dari gaya hidup masyarakat saat ini, sehingga pemerintah menyediakan wadah bagi para pelari,” kata Irjen Iqbal.

Diketahui, event Bhayangkara Run pertama kali diselenggarakan di Riau pada tahun 2023. Acara tersebut berhasil menarik ribuan pelari dari berbagai klub dan atlet nasional.

Event ini sukses besar dengan kehadiran atlet-atlet nasional, termasuk Rikki Martin Simbolon, atlet lari Sea Games, yang menjadi pemenang kategori 21K pada Minggu, 6 Agustus 2023.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews