Tekno  

YouTube Luncurkan Fitur Otomatis Unduh Video Shorts

YouTube Luncurkan Fitur Otomatis Unduh Video Shorts

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – YouTube terus berinovasi dengan menghadirkan fitur-fitur terbaru. Saat ini, perusahaan yang berada di bawah naungan Google tersebut meluncurkan fitur baru yang akan secara otomatis mengunduh rekomendasi video Shorts sesuai dengan preferensi pengguna.

Menurut laporan dari Phone Arena pada Jumat 28 Juni 2024, fitur baru ini akan menjadi bagian dari Smart Downloads. Sebelumnya, Smart Downloads hanya dapat digunakan untuk mengunduh video YouTube berdurasi panjang.

Sebagai informasi, Smart Downloads sudah tersedia untuk video YouTube biasa selama beberapa waktu. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengunduh video yang direkomendasikan secara otomatis agar bisa ditonton secara offline.

Fitur ini dirancang untuk membantu pengguna menghemat data dan menonton video saat tidak memiliki koneksi internet. Kini, fitur ini juga dapat digunakan untuk mengunduh video Shorts.

Namun, fitur ini hanya tersedia bagi pengguna YouTube Premium. Saat ini, kemampuan untuk mengunduh video YouTube Shorts masih dalam tahap pengujian oleh sebagian pengguna. Nantinya, fitur ini akan dapat dinikmati oleh seluruh pengguna YouTube Premium.

Pengguna dapat mengaktifkan fitur ini dengan membuka bagian Your Premium Benefit di aplikasi YouTube dan memilih opsi Try Experimental New Feature.

Setelah diaktifkan, fitur ini akan secara otomatis mengunduh video Shorts yang direkomendasikan berdasarkan riwayat penayangan terbaru pengguna.

YouTube Shorts Semakin Canggih dengan AI, Uji Coba Fitur Ringkasan Komentar

YouTube juga sedang menguji fitur baru yang dapat merangkum komentar di Shorts.

Sebagai informasi, Google sering kali melakukan uji coba fitur baru pada berbagai produknya. Beberapa fitur yang diuji hanya dapat dinikmati oleh sebagian kecil pengguna, dan jarang sekali fitur tersebut diluncurkan secara luas.

Dilansir dari Android Headlines, Kamis 13 Juni 2024, YouTube akan memperkenalkan fitur yang merangkum komentar berdasarkan topik yang banyak dibicarakan di komentar YouTube Shorts.

Namun, fitur ini hanya tersedia di aplikasi mobile dan masih dalam tahap pengujian sehingga hanya sebagian kecil pengguna yang dapat mengaksesnya.

Dijelaskan pula, fitur rangkuman komentar ini hanya tersedia untuk video YouTube Shorts dengan jumlah penayangan dan komentar yang tinggi.

YouTube menyatakan bahwa hanya komentar yang dipublikasikan yang dapat dirangkum. Artinya, komentar yang sedang ditinjau oleh tim Community Guidelines YouTube tidak akan dimasukkan dalam rangkuman tersebut.

YouTube Luncurkan Layanan Game Gratis, Tersedia 75 Judul Terbaik

Sementara itu, YouTube telah resmi terjun ke dunia game dengan memperkenalkan layanan Playables. Sesuai dengan namanya, fitur ini menjadikan YouTube tidak hanya sebagai platform untuk menonton video, tetapi juga untuk bermain game.

Dilansir dari The Verge, Kamis 30 Mei 2024, layanan Playables tersedia secara gratis bagi semua pengguna YouTube. Pengguna dapat mengaksesnya melalui situs web maupun aplikasi YouTube di Android dan iOS.

Ada 75 game yang tersedia dalam layanan ini. Beberapa game populer dari berbagai genre, seperti Angry Birds Showdown!, Trivia Crack, dan Cut the Rope, sudah bisa dimainkan di Playables.

Menariknya, layanan ini tidak memerlukan aplikasi terpisah. Pengguna cukup mencari Playables di sidebar YouTube dan langsung memainkan game yang diinginkan.

YouTube juga memastikan layanan ini memiliki fitur penyimpanan progres permainan, sehingga pemain dapat melanjutkan game dari mana saja dan kapan saja.

Ini bukan pertama kalinya YouTube memasuki dunia game. Tahun lalu, YouTube pernah menawarkan Playables kepada pelanggan YouTube Premium, meskipun dengan jumlah game yang terbatas dan waktu yang terbatas.

YouTube Kembangkan Fitur AI untuk Bantu Kreator Temukan Ide Konten Baru

Di sisi lain, YouTube dilaporkan sedang mengembangkan beberapa fitur AI baru untuk menyempurnakan platformnya. Banyak dari fitur tersebut masih dalam tahap eksperimen.

Baru-baru ini, anak perusahaan Google ini melakukan pengujian fitur AI terbaru yang bertujuan memberikan ide-ide segar bagi kreator untuk konten yang akan dibuat.

Di halaman dukungan YouTube, sebagaimana dikutip dari Android Authority, Minggu 5 Mei 2024, perusahaan mengumumkan bahwa mereka sedang menguji fitur AI generatif yang dapat memberikan inspirasi bagi content creator untuk video yang akan dibuat.

Alat AI ini didesain untuk membantu kreator YouTube dalam mencari ide untuk konten berikutnya. Google juga menyatakan bahwa AI ini akan membantu kreator memahami penontonnya dan membuat video dengan lebih cepat.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews