Momen HUT RI ke-77, Pj Wako Ajak Masyarakat Bersatu

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun memimpin upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kota Pekanbaru.

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Momen Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, Penjabat (Pj) Walikota Pekanbaru Muflihun mengajak seluruh masyarakat untuk bersatu padu, mendukung agenda besar bagi pencapaian Indonesia maju, dengan komitmen, kerja keras, inovasi dan kreativitas.

Hal ini sebagai upaya untuk pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat sesuai tema Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Apa yang disampaikan Pj Walikota Pekanbaru ini sesuai dengan pidato kenegaraan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

“Tantangan yang kita hadapi saat ini sangat berat, sangat sulit, tidak mudah. Semua negara, di seluruh dunia, sedang menghadapi ujian yang sama. Krisis kesehatan, pandemi covid-19 belum sepenuhnya pulih. Perekonomian dunia juga belum sepenuhnya bangkit. Tiba-tiba meletus perang di Ukraina, sehingga krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan tidak terhindarkan lagi,”

“Kita tahu, seratus tujuh negara terdampak krisis dan sebagian di antaranya diperkirakan akan jatuh bangkrut. Diperkirakan 553 juta jiwa terancam kemiskinan ekstrem dan 345 juta jiwa terancam kekurangan pangan akut dan kelaparan,” ujar Pj Walikota membacakan pidato Presiden Joko Widodo.

Pj Walikota mengajak masyarakat Pekanbaru bersatu dalam momen HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

Ujian ini tidak mudah bagi dunia dan juga tidak mudah bagi Indonesia. Semua ini harus dihadapi dengan kehati-hatian dan dengan kewaspadaan.

“Namun, di tengah tantangan yang berat, kita patut bersyukur, Indonesia termasuk negara yang mampu menghadapi krisis global ini. Negara kita indonesia termasuk negara yang berhasil mengendalikan pandemi covid-19, termasuk lima besar negara dengan vaksinasi terbanyak di dunia, yaitu 432 juta dosis vaksin yang telah kita suntikan,” ungkapnya.

Inflasi juga berhasil dikendalikan di kisaran 4,9 persen. Angka ini jauh di bawah rata-rata inflasi Asean yang berada di sekitar 7 persen dan jauh di bawah inflasi negara-negara maju yang berada di sekitar 9 persen.

Bahkan, sampai pertengahan tahun 2022 ini, APBN juga surplus Rp 106 triliun. Oleh karena itu, pemerintah mampu memberikan subsidi BBM, subsidi LPG, dan subsidi listrik, sebesar Rp 502 triliun di tahun 2022 ini, agar harga BBM di masyarakat tidak melambung tinggi.

Kegiatan upacara peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI di Kota Pekanbaru berlangsung khidmat.

Selain itu, ekonomi berhasil tumbuh positif di angka 5,44 persen pada kuartal II tahun 2022 ini. Neraca perdagangan juga surplus selama 27 bulan berturut-turut, dan di semester I tahun 2022 ini surplusnya sekitar Rp 364 triliun.

“Capaian tersebut patut kita syukuri. Fundamental ekonomi indonesia tetap sangat baik di tengah ekonomi dunia yang sedang bergolak. Di satu sisi, kita memang harus tetap waspada dan harus tetap hati-hati. Namun di sisi lain, agenda-agenda besar bangsa harus terus kita lanjutkan untuk meraih Indonesia maju,” ungkapnya.

Gelar Berbagai Kegiatan

Ratusan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru turut mengikuti upacara peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia. Upacara yang digelar di Perkantoran Walikota Tenayan Raya ini berlangsung khidmat dan tak ada kendala apapun.

Pj Walikota Pekanbaru yang memimpin upacara tampak menggunakan Pakaian Dinas Seragam Upacara Besar (PDUB) berwarna putih lengkap dengan topinya. Tak hanya itu saja, upacara juga diikuti oleh ratusan siswa-siswa dari tingkat Sekolah Menengah Pertama. Mereka tampak antusias mengikuti jalannya upacara. Tak hanya itu saja, dari TNI-Polri juga ikut dalam upacara ini.

Pj Walikota Pekanbaru Muflihun bersama Forkompimda mengikuti kegiatan upacara detik-detik HUT ke-77 Kemerdekaan RI dari Istana Negara di Lantai 6 Perkantoran Walikota di Tenayan Raya.

Tepat setelah upacara peringatan HUT RI selesai, hujan deras mengguyur Kota Pekanbaru tepatnya di Perkantoran Walikota Tenayan Raya. Peserta upacara langsung bubar dan meninggalkan lokasi upacara.

Pemko Pekanbaru juga menggelar berbagai kegiatan untuk menyemarakkan HUT ke-77 Republik Indonesia. Kegiatan yang digelar tersebut seperti pembagian 10 ribu bendera merah putih saat penanaman rumput perdana lapangan sepakbola Sport Center di Kecamatan Kulim.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setdako Pekanbaru Drs. H. Syoffaizal, M.Si mengatakan, selain itu, ada festival pangan olahan yang juga sudah dilaksanakan pada 8 Agustus lalu. Gerak Jalan Mardeka Peserta Didik SD, SMP, SMA Negeri dan Swasta se-Kota Pekanbaru yang pengampunya adalah Dinas Pendidikan (Disdik). Selanjutnya akan ada lomba permainan rakyat antar OPD yang akan digelar di halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) tanggal 21 Agustus.

“Lomba permainan rakyat ini OPD penanggung jawabnya Bappeda, nanti juga akan diikuti oleh kepala OPD,” ujarnya.

Ketua TP PKK Kota Pekanbaru Raja Rilla Muflihun turut mengikuti kegiatan peringatan detik-detik HUT ke-77 Kemerdekaan RI secara virtual dari Istana Negara.

Tidak hanya itu, kegiatan akan dilanjutkan dengan hiburan rakyat dengan OPD penanggungjawab Sekretariat Dewan (Setwan), bazar UMKM oleh Dinas Koperasi, serta juga lomba karikatur wajah Walikota dan Gubernur Riau oleh Dinas Pariwisata.

“Ada juga lomba debat mahasiswa, ini masih tentatif dan pemangkunya Dinas Perhubungan dan lomba dekorasi suasana kemerdekaan oleh mal, hotel dan pusat perbelanjaan. Ini pemangkunya dari Bapenda,” paparnya.

Selanjutnya tanggal 28 Agustus 2022, Pemerintah Kota akan menggelar sejumlah kegiatan yang akan dipusatkan di Kampung Merah Putih di Kelurahan Sialang Munggu, Kecamatan Tuah Madani.

“Di Kampung Merah Putih akan ada gerak jalan santai yang ditaja oleh pihak kecamatan. Lalu ada pembagian perlengkapan sekolah bagi anak dari keluarga kurang mampu oleh Disnaker (Dinas Tenaga Kerja),” paparnya.

Untuk Kampung Merah Putih, lanjut Syoffaizal, juga akan dilakukan pembagian bendera merah putih oleh Dinas PUPR, vaksinasi massal oleh Dinas Kesehatan, pasar murah oleh Dinas Perindag, penyaluran bantuan sosial kepada penyandang disabilitas oleh Dinas Sosial, serta donor darah kerjasama dengan PMI.

“Itu beberapa kegiatan yang akan kita laksanakan di Kampung Merah Putih pada 28 Agustus nanti,” ucapnya.

Selanjutnya juga akan ada lomba ornamen atau dekorasi suasana kemerdekaan kepada Hotel, restoran atau kafe, mall atau pusat perbelanjaan dan objek pajak lainnya dan berbagai perlombaan yang digelar tingkat kecamatan.

“Jadi banyak kegiatan-kegiatan yang kita laksanakan untuk memeriahkan HUT ke-77 RI,” sebut Syoffaizal yang juga selaku Ketua Panitia hari jadi ke-77 Pemko Pekanbaru ini. (ADV)

Editor : Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews