Lima Tanaman Hias Bunga Dalam Rumah yang Mudah Berbunga

Tanaman Hias bunga

LAMANRIAU.COM – Tanaman hias bunga mungkin tidak disarankan untuk kamu yang masih pemula dalam berkebun. Tanaman hias bunga memang lebih sulit merawatnya ketimbang tanaman daun. Namun, ada beberapa tanaman hias indoor yang mudah berbunga dan perawatannya mudah.

Baca : Menata Taman Depan Rumah Sederhana dan Menarik

Sedikitnya ada lima tanaman hias indoor yang mudah berbunga:

1. Bromelia

Bromelia merupakan salah satu tanaman hias bunga yang mudah kamu rawat. Dilansir The Spruce, tanaman hias indoor ini mudah beradaptasi dengan kondisi rumah. Bunga bromelia ada beragam warna dan tekstur yang berbeda-beda. Mulai dari warna merah, hijau, ungu, oranye, kuning, dan kombinasi.

Tanaman hias bromelia akan tumbuh subur dalam kondisi yang sama seperti anggrek epifit, Tapi, bromelia jauh lebih tahan terhadap fluktuasi suhu dan kekeringan. Siklus bromelia mekar dipengaruhi oleh cahaya, suhu, kelembapan, air, dan pupuk. Tapi, kondisi yang dibutuhkan sesuai dengan spesiesnya.

2. Christmas cactus

Tanaman hias kaktus yang satu ini bisa tumbuh dengan subur meski minim perhatian. Christmas cactus punya bunga yang warnanya cantik, yaitu merah, putih, pink, kuning, dan ungu. Namun, setiap mekar, bunga christmas cactus hanya bertahan beberapa hari. Ketika berbunga, tanaman hias ini perlu benar-benar diperhatikan.

Mengutip Good House Keeping, kalau air kurang dan perubahan suhu drastis, bunga bisa layu dengan cepat. Pastikan juga tanah tetap lembap dan sering disiram ketika tanaman hias berbunga. Tanaman hias indoor christmas cactus butuh cahaya matahari yang tidak terlalu terik. Jadi, sebaiknya simpan tanaman di jendela yang menghadap ke timur.

3. African violet

African violet adalah tanaman hias yang sangat populer. Tanaman hias ini bisa berbunga sepanjang tahun. Tanaman hias indoor tersebut akan tumbuh subur dalam kondisi cerah, hangat, dan lembap. Usahakan agar air tidak terkena daun ya, Bunda. Daun akan timbul bercak coklat kalau terkena air.

Segera buang bunga dan daun yang mati. Ini supaya tanaman hias african violet selalu terlihat sehat. Kamu harus menyimpan tanaman pada tempat yang cukup lembap agar tidak mengering. Tapi, african violet juga harus terkena angin dan sinar matahari.

4. Peace lily

Peace lily merupakan salah satu tanaman hias yang cocok untuk iklim tropis. Tanaman hias ini punya bunga cantik berwarna putih. Kalau luar negeri, tanaman hias peace lily biasanya berbunga pada musim semi. Bunganya yang sudah tumbuh juga bertahan cukup lama. Tanaman hias indoor ini bisa mekar sampai dua kali dalam setahun. Itu pun kalau tanaman hias tumbuh dengan baik.

Selain mempercantik ruangan, tanaman hias peace lily juga dapat menyaring banyak polutan dalam ruangan. Misalnya, karbondioksida dan formaldehida.

5. Begonia

Begonia merupakan salah satu tanaman hias indoor yang sangat populer. Tanaman hias begonia punya berbagai warna yang cantik, seperti merah, kuning, pink, dan sebagainya. Tanaman hias begonia dapat tumbuh dengan cepat dan mudah. Tak heran, banyak orang yang menanamnya.

Begonia termasuk tanaman hias yang tahan dengan cuaca panas. Jadi, sangat cocok untuk kamu yang tinggal di tempat panas. Namun, jangan simpan begonia bawah cahaya matahari langsung ya. Simpan dalam ruangan dengan cahaya matahari tidak langsung. ***

Editor: Fahrul Rozi/Sumber: Hai Bunda

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews