Bupati Berharap Ekonomi Warga Rohil Meningkat Lewat Pasar Ramadhan

Bupati Rohil Suyatno memperhatikan menu yang diperjualbelikan pedagang di pasar Ramadhan.

LAMANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI – Bupati Rokan Hilir (Rohil), H. Suyatno meresmikan pasar Ramadhan di Jalan Merdeka Bagansiapiapi, Senin (6/5). Lewat pasar Ramadhan tahun ini, Bupati berharap pertumbuhan ekonomi warga Rohil meningkat.

Peresmian pasar Ramadhan, Bupati didampingi Ketua LAMR, H. Rasyid Abizar selaku anggota DPRD Rohil, serta sejumlah kepala OPD Pemkab Rohil. Diawali pembacaan doa, secara resmi Bupati melakukan pemotongan tali pita.

Bupati Suyatno menyebutkan, lokasi pasar Ramadhan tahin ini merupakan pergeseran dari pasar lama yang berlokasi di Jalan Mawar disekitar halaman kantor DPRD Rohil lama.

Bupati menggunting pita peresmian pasar Ramadhan didampingi Ketua LAMR Rohil dan sejumlah Kepala OPD Pemkab Rohil.

“Saya hari ini meresmikan pasar Ramadhan dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadhan 1440 Hijriyah. Ini yang pertama kali kita lakukan ditempat ini, karena selama ini posisinya di jalan Mawar, kini kita pindah di Jalan Merdeka kantor Eks DPRD Rohil,” kata Bupati.

Lokasi yang cukup bagus dan strategis, Bupati berharap pendapatan masyarakat yang berjualan semakin meningkat. Dia juga ingin pasar ini terpusat di satu tempat, sehingga tak ada lagi pedagang yang berjualan di jalan-jalan.

“Tentunya kita harapkan petugas Satpol PP maupun Dinas Perhubungan untuk senantiasa menertibkan, termasuk kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan untuk saling bekerjasama dengan dinas terkait,” harap Bupati.

Sebelumnya, direncanakan pasar Ramadhan tahun ini ditempatkan di lokasi Pujasera, namun pertimbangan karena akses warga terlalu jauh, diputuskan penempatan di eks kantor DPRD Rohil.

“Alangkah baiknya ditempatkan disini dan juga kondisinya lebij sejuk bila dibandingkan di Jalan Mawar dan ini tempatnya terpusat. Saya juga kalau ada kesempatan tiap hari datang kesini untuk melihat kondisi pasar yang baru saja kita resmikan ini,” jelas Bupati.

Bupati memperhatikan menu dagangan yang dijual di pasar Ramadhan 1440 Hijriyah.

Bupati Suyatno turut mendoakan agar para pedagang yang berjualan disitu nyaman dan laris dagangannya.

“Tempat ini strategis tidak terhambat lalu lintas, semoga semua pedagang yang berjualan di pasar Ramadhan berjalan lancar dan mendapat berkah rezeki yang halal sepanjang bulan puasa,” terang Suyatno.

Dia menegaskan kepada pedagang untuk menjaga kebersihan lokasi yang telah disediakan, agar sampah-sampah dibuang pada tempatnya demi kenyamanan pengunjung yang datang kesini.

Sepanjang Ramadhan, pemerintah Rohil memberikan kelonggaran kepada pemilik kedai kopi dan rumah makan agar tetap membuka usaha di siang hari.

“Kepada masyarakat non muslim, kami minta untuk saling menjaga dan menghormati umat muslim yang sedang menjalankan ibadah puasa,” pesannya.

Kepala Bidang Pasar Disperindah Rohil Gunawan menyampaikan bahwa pada tahun ini jumlah pedagang di pasar Ramadhan lebih ramai dibandingkan tahun lalu.

Alhamdulillah tahun ini meningkat bila dibandingkan tahun lalu, jumlah pedagang tahun lalu hanya 90 orang. Sedangkan pada tahun ini meningkat menjadi 130 orang pedagang,” kata Gunawan. (adv)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *