Karhutla Makin Dahsyat, Pemerintah Australia Evakuasi Warga di Kota Eden

LAMANRIAU.COM – Ketika di negara bagian lain sudah akan memasuki musim dingin, namun berbeda ceritanya untuk dua negara bagian di Australia bagian tenggara, New South Wales (NSW) dan Victoria.

Sabtu (4/1), di kedua negara bagian tersebut puluhan ribu rumah hangus, sementara ribuan orang yang sebelumnya terperangkap dalam kebakaran hutan dan lahan (karhutla) sudah dapat dievakuasi.

Seperti halnya penduduk di Kota Eden, kota pesisir NSW. Minggu (5/1), pihak berwenang memperingatkan penduduk di sana untuk mengevakuasi diri ke wilayah di utara seperti Merimbula atau Pambula, sebelum kemungkinan terburuk terjadi.

“Jika rencana anda adalah untuk pergi, atau anda tidak siap, pergi ke Merimbula atau Pambula,” ujar Dinas Pemadam Kebakaran Pedesaan (RFS) seperti dimuat Reuters.

Sementara kerugian masih belum dapat dipastikan, totalnya sudah ada 24 nyawa yang hilang akibat karhutla yang melanda Australia sejak tahun kemarin.

Kendati menurut prakiraan cuaca, akan terjadi hujan dengan intensitas ringan di beberapa wilayah. Namun para pejabat pesimis hal tersebut dapat memadamkan 200 titik karhutla di sana.

“Aktivitas cuaca yang kita lihat, tingkat dan penyebaran api, kecepatan ke mana mereka (api) pergi, cara mereka menyerang komunitas yang belum pernah melihat api sebelumnya belum pernah terjadi sebelumnya,” kata Perdana Menteri NSW Gladys Berejiklian di NSW. (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *