Sidang Impeachment Trump Dimulai, Para Senator Ucap Sumpah

Sidang Pemakzulan/NET

LAMANRIAU.COM – Sidang pemakzulan atau impeachment Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Senat dimulai pada Kamis (16/1) waktu setempat.

Sidang dibuka dengan sumpah dari Ketua Mahkamah Agung John Roberts yang memimpin sidang. Dengan jubah hitam polosnya, Roberts kemudian meminta para Senator yang berjumlah 100 orang di ruangan Capitol Hill untuk berdiri dan menyatakan sumpahnya.

“Akankah semua Senator sekarang berdiri dan tetap berdiri, mengangkat tangan mereka,” seru Roberts seperti dikutip dari AP.

“Apakah Anda benar-benar bersumpah bahwa dalam semua hal yang berkaitan dengan persidangan pemakzulan Donald John Trump, Presiden Amerika Serikat, yang kini tertunda, Anda akan menegakkan keadilan yang tidak memihak sesuai dengan konstitusi dan Undang-Undang?” lanjutnya.

Para Senator kemudian mengiyakan dan dengan segera berbaris untuk menandatangani buku sumpah.

Jaksa kemudian membacakan dua dakwaan terhadap Trump. Pertama, Trump didakwa atas penyalahgunaan kekuasaan karena berusaha menekan pemerintah Ukraina guna menyelidiki rivalnya, Joe Biden. Kedua, Trump didakwa atas upaya menghalang-halangi Kongres untuk melakukan penyelidikan.

Impeachment Trump sendiri sebelumnya telah disetujui oleh House of Representatives atau Dewan Perwakilan Rakyat AS dalam voting yang dilakukan pada Rabu malam (18/12). (*)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *