Riau  

Hingga 15 April, Sudah 2.206 WNI Malaysia Tiba di Riau

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU  Sebanyak 2.206 Warga Negara Indonesia (WNI) tiba di empat pelabuhan Provinsi Riau setelah transit di pelabuhan Tanjung Balai Karimun, Kepulauan Riau.

Data tersebut terhitung sejak tanggal 26 Maret hingga 15 April 2020 yang dihimpun oleh Dinas Perhubungan Provinsi Riau.

Empat pelabuhan tersebut yang menjadi tujuan WNI itu yakni Pelabuhan Selatpanjang, Mengkapan, Bengkalis, dan Dumai.

“Iya jumlah kedatangan WNI Malaysia melalui pelabuhan Tanjung Balai Karimun yang masuk di empat pelabuhan Riau berjumlah 2.206 orang.

Ini data yang sudah kita rekab dari 26 Maret sampai 15 April 2020,” kata Kepala Dishub Provinsi Riau, M Taufiq OH.

Dia mengatakan, ribuan WNI Malaysia itu semuanya sudah dipulangkan di daerahnya masing-masing. Dari 2.206 WNI sebagian dari provinsi tetangga seperti Sumatera Barat, Bengkulu, Aceh, Sumatera Selatan, Sumatera Utara, dan Jambi.

“Ada juga WNI yang singgah di kabupaten/kota di Riau, seperti Pekanbaru, Rokan Hilir (Rohil), Kampar, Pelalawan, Siak, Indragiri Hulu (Inhu), Bengkalis, Rokan Hulu (Rohul), dan Dumai,” terangnya.

Lebih lanjut Taufiq mengatakan, sebelum WNI dipulangkan ke daerah masing-masing, saat sampai di pelabuhan Riau tetap dilakukan protokol kesehatan, walaupun sebelumnya di Tanjung Balai Karimun sudah dilakukan pemeriksaan.

“Setelah diperiksana dengan Tharmal Scaner semuanya sehat. Kemudian kita pulangkan ke daerahnya masing-masing, kalau WNI asal Riau tanggung jawab kita yang mengatur dengan kabupaten/kota,” terangnya.

“Nanti saat tiba di kabupaten/kota para WNI akan disambut petugas di sana. Kemudian mereka harus melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari. Ini dipantau oleh petugas kesehatan,” tutupnya. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *