Riau  

Gubernur Riau, Syamsuar: Siapkan Sagu Sebagai Pengganti Beras

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bekerja sama dengan Bulog dalam upaya untuk menjaga ketersediaan bahan pangan dan kebutuhan pokok masyarakat selama pandemi Virus Corona (Covid 19).

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dalam rapat bersama Ketua dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau dan Ketua Fraksi Partai di Lingkungan Provinsi Riau, Kamis (16/04/20) malam  di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi, menyampaikan bahwa berdasarkan pantauan Bulog untuk saat ini ketersediaan bahan pangannya masih ada untuk tiga bulan yang akan datang.

Namun untuk antisipasi ketersediaan bahan pangan, Gubri yang juga Ketua Gugus Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Riau mengungkapkan bahwa Pemprov Riau  tengah mempersiapkan sagu menjadi pengganti beras.

“Ketersediaan sagu di Meranti saat ini cukup banyak, karena biasanya sagu Meranti diekspor ke Malaysia. Namun sejak lockdown tidak jalan, harga sagu juga murah. Sagu bisa jadi andalan kita sebagai pengganti beras,” tutur Gubernur Syamsuar.

Dilanjutkan Gubri, sagu sebagai antisipasi ketersediaan pangan dianggap perlu karena biasanya ketersediaan bahan pangan di Provinsi Riau ini mendapatkan sokongan dari Vietnam dan Thailand, kemungkinan selama pandemi Covid-19 berlangsung negara tersebut tidak melakukan ekspor.

“Upaya bentuk antisipasi jika kekurangan beras kedepannya, kita mempersiapkan sagu ini, dan juga Bulog saat ini telah melakukan operasi pasar kalau memang ada kenaikkan-kenaikan harga atau produk sembako di provinsi Riau,” tutup Syamsuar. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *