Mukomuko Bengkulu Diguncang Gempa M5,3 SR

gempa bengkulu

LAMANRIAU.COM, BENGKULU – Gempa bumi magnitudo 5,3 mengguncang Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, Sabtu 17 Oktober 2020 pagi sekitar pukul 07.36 WIB.

Data Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan, titik eficentrum gempa berada sekitar 3,25 lintang selatan dan 100,30 bujur timur. Sedangkan lokasi gempa laut pada jarak 117 km arah barat daya Kota Mukomuko, dengan kedalaman 25 kilometer.

Baca : Merangin Diguncang Gempa Bumi, Warga Diminta Waspada

“Jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas subduksi. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault),” kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG, Rahmat Triyono.

Menurut Rahmat, gempa tersebut juga terasa sampai ke Padang dan Tua Pejat dengan skala III MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan akibat gempabumi tersebut.

Hasil monitoring BMKG hingga pukul 08.10 WIB belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock. Begitu juga dengan hasil pemodelan BMKG, meskipun lokasi gempa bumi berada ddi laut, tetapi juga tidak menunjukkan adanya potensi tsunami. “Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempabumi ini tidak berpotensi tsunami,” katanya.

BMKG mengimbau masyarakat tetap tenang dan tidak terpengaruh kabar berita bohong atau hoaks. Warga juga harus menghindari dari bangunan yang retak atau rusak akibat gempa untuk menghindari kemungkinan terburuk adanya keruntuhan bangunan. (INW)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *