Riau  

Pemprov Riau Siapkan 900 Tenaga Medis Jelang Libur Natal

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Menjelang libur Natal dan pergantian Tahun Baru 2021, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau siapkan ratusan tenaga medis dan ambulan beserta obat-obatan lainnya. Hal ini merupakan persiapan sebagai upaya dalam mengantisipasi hal-hal yang tidak dinginkan yang biasa saja terjadi saat libur Natal atau pergantian Tahun Baru, Senin 21 Desember 2020.

Menurut keterangan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, ada sebanyak 900 tenaga medis yang akan siapsiaga pada saat libur Natal atau Tahun Baru nantinya.

“Tenaga medis yang akan siapsiaga pada saat libur natal dan tahun baru nantinya terdiri dari dokter spesialis bedah, kebidanan, anestesi, internis, dan dokter anak serta tenaga perawat berjumlah sedikitnya ada 600 perawat. Jadi 300 dokter dan 600 perawat total ada 900 tenaga medis. ” kata Mimi.

Baca : Muhasabah Diri Menjelang Akhir Tahun

Tak hanya itu, fasilitas kesehatan serta ratusan mobil ambulan dan obat-obatan, bahan medis sesuai kebutuhan juga sudah persiapkan. Tenaga medis siapsiaga nantinya mereka akan standbay  pada seluruh Puskemas, rumah sakit rujukan dan ada juga pada posko.

“Mereka akan nantinya standbay  pada puskesmas, rumah sakit rujukan dan juga posko. Pada posko pengamanan pada perbatasan siapsiaga selama 24 jam dengan ketentuan sistem shift yaitu sebanyak 3 shift setiap hari. Dimana setiap shift ada 100 tenaga medis yang bertugas,” ujar Kadiskes Riau.

Kemudian, ia juga mengingatkan dan mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau untuk terus waspada dan berhati-hati dalam perjalanan. Bagi yang melakukan bepergian dan jangan terlalu memaksakan serta mari menegakan protokol kesehatan, dengan menerapkan 3M dan menghindari kerumunan saat libur natal dan tahun baru nantinya.

“Mengingat saat ini penyebaran Covid-19 untuk daerah kita Riau masih termasuk kategori mengkhawatirkan. Maka itu kita minta masyarakat terus waspada, jika memang membutuhkan bantuan, kita sudah menyediakan tanaga medis pada posko pengamanan dalam menyambut Natal dan Tahun Baru,” ungkapnya.(jar/MCR)**

 

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *