Palito Daun, Menu Khas Buka Puasa dari Kampar

palito daun

LAMANRIAU.COM – Salah satu kue yang menjadi penganan tradisional untuk berbuka puasa kali ini adalah Palito Daun. Kue khas masyarakat Kabupaten Kampar ini dipilih karena memiliki bahan dasar sederhana dan mudah mendapatkannnya.

Hampir dapat pastikan pada bulan Ramadhan seperti sekarang ini, makanan pembuka yang manis dan lezat selalu menjadi bagian perbukaan warga Kabupaten Kampar. Bahan utamanya adalah tepung terigu, bentuknya persegi dan ada juga bulat, warna kue bagian atas putih letakkan dalam daun pisang yang dibentuk.

Baca : Ice Mango Sago, Resep Minuman Sederhana Buat Buka Puasa

Kue ini bahan-bahannya sama dengan kue talam, lemang basuong , tetapi bentuk dan cara mengolahnya yang berbeda.

Namanya Palito Daun karena jika bagian daun pisang kue ini terbuka, maka bagian bawah terlihat seperti sumbu palito atau pelita. Aslinya sumbu tersebut berasal dari penggunaan gula aren yang terpotong-potong. Khas lain dari kue ini, cara menikmatinya dengan sedutan layaknya makan siput.

Bahan Dasar;

Tepung terigu ¼ gram
Santan Kelapa murni 1 liter (sesuai porsinya)
Gula aren ¼ gram
Daun pisang untuk cetakan palito
Air untuk merebus

Cara Membuat :

1. Membuat kotak dari daun pisang atau bisa juga dengan daun pandan. Potong daun dengan panjang 9 cm dan lebar 9 cm, lalu 3 lembar, lipat 3 panjang dan bentuk berkotak buat sebanyak yang kamu butuhkan.

2. Potong-potong gula aren atau gula enau berbentuk seperti dadu. Masukkan 2-3 potong ke dalam kotak. Aduk tepung terigu dan santan sampai merata jangan sampai bergumpal-gumpal.

3. Panaskan air dalam dandang sampai mendidih. Masukkan adonan tepung dan santan ke dalam kotak-kotak yang tadi sudah kamu buat, lalu masukkan ke dalam dandang yang airnya sudah mendidih.

4. Kukus lebih kurang 10 menit dengan api sedang dan kue palito daun matang siap sajikan untuk berbuka puasa.

Resep sederhana ini dibagikan oleh Hj. Rosmita, warga Desa Sungaipinang, Tambang, Kabupaten Kampar yang sudah menjadi langganan membuat pailto daun untuk kegiatan-kegiatan tertentu. Berminat, dapat memesan langsung ke yang bersangkutan melalui nomor WhatsAPP 08137893-0272. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *