Resep Es Timun Serut Menyegarkan

es timun serut

LAMANRIAU.COM – Timun biasanya disajikan untuk lalapan. Namun kamu juga bisa mengolah timun menjadi minuman yang menyegarkan. Es timun serut menjadi pilihan sore ini, melepas haus dan dahaga berpuasa, meski cuaca hari ini sedikit dingin setelah satu malam hujan lebat.

Baca : Resep Panas Dingin Es Buah Andalan Berbuka Puasa

Minuman segar ini adalah andalan dari restoran padang. Selain melegakan dahaga, juga sangat bermanfaat melunturkan lemak pada tenggorokan dari daging dan santan setelah bersantap. Rasa dingin dan menyejukkan pas melepas dahaga yang tertahan sepanjang satu hari berpuasa.

Yuk bikin es timun serut untuk menu berbuka sore hari ini, agar lebih segar bisa tambahkan selasih.

Bahan:

2 buah timun ukuran besar, kupas kulit
2 sendok makan biji selasih, rendam di air
200 ml sirup melon
800 ml air
1 buah jeruk nipis
Es batu secukupnya

Cara membuat:

1. Potong bonggol timun agar tidak pahit. Kupas kulit timun, belah dua timun lalu buang bijinya. Serut timun dengan bentuk memanjang dengan pengupas buah. Jika tak punya alat ini gunakan parutan biasa.

2. Siapkan wadah. Masukan timun yang sudah diserut, biji selasih, sirup melon, air dan es batu. Beri perasan jeruk nipis. Aduk sampai tercampur rata.

3. Es timun serut selasih siap disajikan.

Tips: Jika tak punya sirup melon, kamu bisa menggunakan pemanis seperti gula batu yang cairkan atau gula pasir yang larutkan. (kpc)

 

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *