Mulai Hari Ini Operasional Pelabuhan Sungai Duku Tutup

pelabuhan sungai duku

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Mulai hari ini, 6 Mei 2021, aktivitas kedatangan dan keberangkatan kapal di pelabuhan Sungai Duku Kota Pekanbaru akan tutup sementara waktu. Penutupan tersebut seiring kebijakan pemerintah melarang kegiatan mudik lebaran tahun 2021 untuk mencegah penyabaran Covid-19.

Baca : Hadang Pemudik, Polda Riau Gelar Operasi Ketupat

Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekanbaru Yuliarso mengaku telah menerbitkan pemberitahuan penghentian sementara operasional Pelabuhan Sungai Duku. Pada surat bernomor 521/ ANGK – AO /395, operasional berhenti beroperasi mulai tanggal 6 Mei hingga 17 Mei 2021.

“Kita merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan nomor 13/ 2021 tentang pengendalian transportasi selama mudik lebaran pada masa pandemi,” kata Yuliarso, kemarin.

Ia menyebtukan, dalam surat pemberitahuan tertanggal Selasa 4 Mei 2021 ini juga merujuk pada Surat Edaran (SE) Gubernur Riau, nomor 80/SE/HK/2021 tentang larangan mudik lebaran Idul Fitri 1442 Hijriyah. Sehubungan dengan itu, kapal penumpang dilarang beroperasi.

“Jadi, sementara kita tidak melayani turun naik penumpang dulu,” terangnya.

Yuliarso menambahkan, tidak hanya moda transportasi laut, ini juga berlaku bagi moda transportasi darat agar tidak mengangkut pemudik ke kampung halaman. Untuk mencegah hal ini, penyekatan ruas jalan pun dilakukan pada pintu masuk Provinsi oleh pemerintah setempat.

“Ini upaya kita bersama untuk mencegah dan pengendalian penyebaran Covid-19. Karena saat ini kasus kembali meningkat,” jelasnya.

Kepala UPT Pelabuhan Sungai Duku Etria mengatakan, untuk hari kemarin aktivitas pelabuhan masih berjalan seperti biasa. (pgi)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *