Umum  

Crassula Umbella, Tanaman Hias Menakjubkan

crassula umbella

LAMANRIAU.COM – Bentuk tanaman Crassula Umbella yang unik dan mengesankan menggugah rasa ingin tahu para tamu. Kamu pasti ingin menjadikan taman yang sehat sehingga melihatnya bersemangat dan berkembang sebagai pusat perhatian.

Crassula Umbella juga dikenal sebagai “cangkir anggur”, bentuknya berbeda dengan tanaman hias kebanyakan. Tanaman hias keluarga sukulen dan memiliki daun berbingkai yang mengelilingi batang membentuk cangkir. Bunganya merah tipis yang menarik dan menonjol di tengah.

Baca : Uniknya Alokasia, Tanaman Hias Idaman

Sekulen adalah kategori tanaman yang memiliki daun hijau lebat dan menggembung. Mereka biasanya menahan air pada membran yang membesar dan menggunakannya untuk bertahan hidup pada iklim kering dan gersang.

Beberapa sukulen terkenal termasuk kaktus seperti Aloe Vera dan Peyote. Lebih khusus lagi, Crassula Umbella berasal dari keluarga Crassula. Crassula berarti “tebal” dalam bahasa Latin dan mewakili daun montok tanaman ini. Yang paling terkenal dari keluarga ini adalah Crassula Ovata atau Jade Plant.

Crassula Umbella adalah sukulen berukuran sedang, tumbuh dengan panjang rata-rata 6 inci dan diameter yang sama.

Dataran Afrika Selatan adalah habitat asli tanaman hias ini, dan, seperti kebanyakan sukulen, mereka tumbuh subur pada lingkungan yang panas dan kering.

Lakukan Perawatan

Kebanyakan sukulen tidak membutuhkan banyak perawatan. Daun dan batangnya dapat menyimpan 90-95% kapasitas air, dan tidak membutuhkan banyak sinar matahari. Jadi jangan membanjiri tanaman ini dengan air.

Penyiraman tanaman yang berlebihan menyebabkan risiko busuk akar dan banyak penyakit jamur lainnya. Sekulen sangat rentan terhadap kelebihan air. Memberi mereka terlalu banyak air justru akan membunuhnya.

Tunggu sampai tanah mengering sebelum menyiraminya kembali. Gunakan metode rendam dan keringkan. Ambil sedikit air dan tuangkan ke tanah, lalu biarkan meresap dan keringkan sampai bersih. Jika air merembes lebih cepat dari 30 detik, kamu dapat menambahkan sedikit lebih banyak, kurangi penyiraman Crassula Umbella pada hujan.

Sekulen beroperasi pada sistem distribusi air yang sangat spesifik. Mereka tumbuh untuk menyimpan air, bukan untuk makan biasa. Jika tidak yakin tanaman mendapatkan cukup air, periksa daun bagian bawah.

Daun tanaman Crassula mengerut saat kekurangan air dan menggemuk kembali saat penuh. Jaga agar daun bagian bawah tetap montok. Crasullas dalam pot membutuhkan lebih banyak air daripada yang ada tanah.

Crassula Umbella membutuhkan penyiraman setidaknya sebulan sekali, tetapi cara terbaik adalah memeriksa tanahnya. Jika merasa tanaman tidak mendapat cukup air, dan karena itu mati, bisa merendamnya dalam air selama 10 menit, lalu membuangnya. Ini akan menjamin air mencapai akar dan diserap.

Paparan Cahaya

Tanaman ini menyukai sinar matahari langsung. Namun jangan terlalu panas. Tanaman sangat tahan lama dan akan berkembang dengan baik pada cahaya langsung yang terlalu terik. Ingatlah bahwa cahaya yang sangat panas dapat membakar tanaman.

Jauhkan dari sinar matahari panas pada sore hari. Idealnya, itu akan memiliki 6 jam sinar matahari langsung per hari. Banyaknya sinar matahari yang diterima akan mempengaruhi warna bunga Crassula Umbella.

Tanpa sinar matahari yang cukup, kemungkinan akan kembali hijau. Dengan lebih banyak sinar matahari, itu akan menjadi warna merah yang cerah dan lebih mengkilap.

Media Tanah

Hal terpenting dari tanah Crassula Umbella adalah drainase. Tanaman membutuhkan tanahnya untuk mengering dengan cepat untuk membantu penyerapan air, jadi sediakan wadah yang memiliki lubang pori-pori terbaik. Kamu juga dapat membantu drainase dengan menambahkan beberapa batu atau pasir ke tanah.

Campurlah tanah sekulen sedikit menggunakan beberapa bahan sederhana. Tanaman ini lebih menyukai iklim yang lebih panas. Mereka berkembang dalam 65 – 70℉ cuaca tetapi membuatnya turun menjadi 50℉ pada musim dingin.

Sekulen tangguh dan dapat bertahan dari beberapa lonjakan dan penurunan suhu, tetapi terlalu banyak dari keduanya akan menyebabkan kematian.

Mengganti Pot

Musim semi adalah periode pertumbuhan aktif untuk Crassula Umbella dan waktu terbaik untuk merepotingnya. Pastikan tanahnya kering dan singkirkan kelebihan yang menempel pada akar. Kemudian biarkan tanaman dalam pot baru selama satu atau dua minggu sebelum menyiramnya. Pertimbangkan sejumlah kecil pupuk aktif selama musim semi juga untuk mendorong pertumbuhan.

Pemangkasan

Tidak seperti Crassula lainnya, Crassula Umbella tidak memerlukan pemangkasan. Tanaman ini tidak memiliki dauh yang berlebih, dan tanaman lebih indah saat penuh daun. Jika salah satu cabang tampak mati, kamu harus mencabutnya. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *