Pemko Dumai Beli Excavator Amphibi Senilai Rp5,2 Miliar

LAMANRIAU.COM, DUMAI– Untuk mengurangi dampak banjir, Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas PUPR lakukan pengadaan Excavator Amphibi senilai Rp 5,2  miliar lebih. Alat berat ini  rencananya akan melakukan  pengerukan dari Sungai Dumai hingga Muara Pelabuhan  TPI hari ini, Senin 1 November 2021.

Alat berat ini sudah standby sejak Sabtu 30 Oktober 2021 lalu. Sehubungan dengan rencana tersebut, Plt Kadis PUPR Kota Dumai Drs. Ahmadi, M.Si melalui Kabid Peralatan dan Bina Konstruksi Riski Kurniawan, ST. MIP mengatakan, dengan adanya Excavator Amphibi ini, ke depan diharapkan  akan secara kontinyu melakukan pengerukan dan pendalaman Sungai Dumai.

Sungai Dumai merupakan satu-satunya sungai yang membelah Kota Dumai, mulai dari Kecamatan Dumai Timur hingga Dumai Kota. Sungai secara langsung atau tidak langsung jadi tempat aliran akhir limbah cair dan padat bahkan pembuangan sampah. Baik rumah tangga maupun unit bisnis.

“Sesegera mungkin kita akan laksanakan pembuatan Kanal dan Embung yang telah direncanakan di kampung Bukit Cahaya Kelurahan Bukit Datuk, Kecamatan Dumai Selatan,” sebut pria tinggi semampai ini.

Untuk pengadaan alat berat tersebut, Kiki menambahkan, sistem pengadaan melalui e-Katalog dengan pembukaan akses dari Kementrian PUPR. Harga berdasarkan e-Katalog dengan jenis Ampbihi Exca Middle senilai Rp 5.250.000.000. Namun karena keterbatasan anggaran, pembelian dilakukan hanya sesuai pagu senilai Rp. 4.950.000.000. Kekurangannya dibantu oleh Kementerian PUPR. (net/jm)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *