Wabup Asmar Buka Event Lomba Sampan Layar Desa Bandul

Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar membuka secara resmi Lomba Sampan Layar Desa Bandul

LAMANRIAU.COM, SELAT PANJANG – Wakil Bupati (Wabup) Kepulauan  Meranti AKBP (Purn) H Asmar secara resmi membuka event lomba sampan layar Desa Bandul, Kecamatan Tasik Putri Puyu yang turut dimeriahkan oleh peserta dari Kabupaten Bengkalis dan Siak, Minggu 23 Januari 2022.

Wakil Bupati Asmar didampingi istri yang juga Plt Kadis Penanaman Modal, anggota DPRD Kabupaten Kepualuan Meranti Darsini, Plt. Kadis Capil Khirul, Kabid Disparpora, Kabid Dinkes dan Forkompimda serta Camat Tasik Putri Puyu, Kapolsek, Babin Kamtibmas, Kepala Desa, tokoh agama dan tokoh masyarakat setempat.

“Atas nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti, kami menyambut baik atas terlaksananya kegiatan perlombaan sampan layar yang dimulai pada hari ini tanggal 23 Januari 2022,” kata H Asmar.

Ia juga menyampaikan selamat datang bagi peserta lomba sampan layar dari berbagai desa yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti maupun dari luar daerah.

“Kita semua patut gembira, dengan dilaksanakannya event lomba sampan layar di Pelabuhan Desa Bandul. Selain menjadi objek wisata daerah, event ini juga sebagai ajang silahturahmi antara kita semua. Saya sangat mendukung seluruh rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan pada hari ini sampai besok,” sebutnya.

Ia berharap melalui kegiatan ini nantinya pariwisata di Kabupaten Kepulauan Meranti terkenal sampai tingkat nasional bahkan manca Negara. Event lomba sampan layar ini merupakan salah satu bentuk usaha menjaga khasanah budaya, dari pesat kemajuan teknologi dan globalisasi.

“Kegiatan ini bagaimana kita mengajak generasi muda dalam melestarikan budaya dan menjaga khasanah warga Melayu. Sebagaimana kita ketahui bersama, kegiatan ini memiliki maksud dan tujuan yang sangat luhur, tidak hanya untuk menjadi objek wisata saja, tetapi ditujukan untuk memelihara dan mewariskan permainan olahraga tradisional sebagai bagian dari budaya bangsa yang kita cintai di Kabupaten Kepulauan Meranti,” tambahnya.

Wabup Kepulauan Meranti H Asmar (bertopi) menyaksikan dari dekat kegiatan Lomba Sampan Layar Desa Bandul

Wabup Asmar mengatakan, Kabupaten Kepulauan Meranti menyimpan banyak warisan budaya berupa permainan olahraga tradisional yang beragam. Permainan tersebut sarat dengan ajaran-ajaran luhur seperti menempa kesabaran dan serta mengajarkan untuk meraih akan keterampilan pentingnya kerjasama mewujudkan sesuatu cita-cita.

“Selain itu juga, event lomba yang kita laksanakan ini untuk memperkenalkan kepada masyarakat umum bahwa sampan layar merupakan olaharaga yang harus sama-sama kita lestarikan agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman. Apalagi sebagian besar masyarakat Kepulauan Meranti berprofesi sebagai nelayan,” pesannya.

“Ke Desa Bandul bersama keluarga, jangan lupa membawa makanan, lomba sampan layar membuat bahagia, mari kita bangun semangat kebersamaan,” tutup Wabup dengan satu bait pantun.

Usai pembukaan, Wabup Asmar juga berkesempatan meninjau proses vaksinasi didekat aula Klenteng Desa Bandul, tidak jauh dari tempat acara tersebut. (Indra Hariyono)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *