Membuat Kue Apam Kentang yang Empuk

apam kentang

LAMANRIAU.COM – Kentang merupakan salah satu sayuran yang bisa diolah menjadi berbagai macam hidangan sedap. Selain olah menjadi sayur atau tumisan sebagai hidangan utama, kentang juga bisa diolah menjadi kue. Salah satu kue yang menggunakan kentang sebagai bahan pelengkapnya yaitu kue apam kentang.

Kue apam kentang ini tentunya berbeda dengan kue apam pada umumnya. Selain enak dan empuk, rasanya juga begitu istimewa dan spesial. Taburan kelapa yang melengkapinya membuat kue ini semakin dicintai banyak orang.

Baca: Es Cendol Segar Penghilang Dahaga

Berikut resep Selerasa.com untuk membuat kue apam ini yang mudah, tetapi lezat dan nikmat untuk menu buka puasa sore nanti.

Untuk Porsi 20 Buah

Bahan Bahan

– 200 gram gula pasir
– 1 sendok teh ragi instan
– 1 lembar daun pandan
– 175 ml air kelapa
– 25 ml air suji
– 100 gram tepung terigu protein sedang
– 200 gram tepung beras
– 175 gram kentang kukus
– 20 buah takir pandan
– 3 tetes pewarna hijau
– 1/8 sendok teh esen pandan
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok teh baking powder
– 250 ml santan dari 1/2 butir kelapa

Bahan Taburan

– 100 gram kelapa parut kasar
– 1 lembar daun pandan
– 1/4 sendok teh garam

Cara Membuat Taburan

Ambil kentang yang sudah kita siapkan. Lalu cuci sampai bersih. Jika sudah, kupas dan pastikan ketika mengupasnya kulit tidak tersisa atau menempel. Setelah itu, haluskan kentang tersebut.

Siapkan wadah dan masukan semua bahan taburan ke dalam wadah tersebut. Aduk sampai merata. Siapkan alat untuk mengukus. Kukus bahan adonan selama kurang lebih 15 menit.

Cara Membuat Kue Apam Kentang

Siapkan panci dan masukan bahan-bahan seperti air suji, air kelapa dan daun pandan. Rebus semua bahan-bahan tersebut sampai mendidih dan biarkan sampai hangat. Masukan tepung beras dan kentang yang sudah kita haluskan ke dalam wadah.

Lalu tuangkan air kelapa yang sudah rebus tadi ke dalam wadah berisi tepung beras dan kentang, uleni sampai lembut dan merata. Diamkan adonan sampai dingin.

Setelah adonan dingin, masukan bahan-bahan yang lainnya seperti ragi, tepung terigu, baking powder, pewarna makanan warna hijau, garam, dan esen pandan. Lalu tambahkan santan ke dalam adonan sedikit demi sedikit sambil keplok-keplok selama kurang lebih 10 menit. Diamkan adonan kurang lebih 40 menit.

Siapkan cetakan, lalu olesi cetakan tersebut dengan minyak. Tuangkan adonan ke dalam cetakan. Siapkan alat untuk mengukus dan kukus adonan selama kurang lebih 30 menit dengan menggunakan api besar.

Jika kue apam ini sudah matang, bisa langsung mengangkatnya. Dinginkan kue ini sebelum sajikan. Sajikan dengan taburan kelapa yang sudah kukus tadi. Kue apam kentang siap untuk dinikmati. Cita rasanya yang begitu enak akan membuat ketagihan. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *