Pastel Manis Menu Buka Puasa Hari Terakhir

Pastel

LAMANRIAU.COM – Ketika mendengar kata pastel, yang terlintas dalam pikiran pastinya adalah sajian kue dengan bentuk setengah lingkaran dengan pinggiran berbentuk kepangan. Tentunya, kue pastel sudah menjadi salah satu jajanan tradisional favorit sejak dahulu. Tidak ada salahnya menjadi pilihan sebagai menu penutup buka terakhir dalam bulan Ramadhan 1443 Hijriah, hari ini.

Pada umumnya, pastel diberi isian yang beraneka ragam seperti bihun, sayur-sayuran, dan puree kentang. Perpaduan cita rasa kulitnya dengan rasa gurih dan tekstur renyah dengan isian beraneka rasa membuat banyak peminat. Selain itu, harganya juga cukup murah dan dapat temukan berbagai tempat.

Baca: Pepes Ikan untuk Menu Berbuka dan Sahur

Namun, bagaimana jika pastel dengan cita rasa manis? Apakah pernah mencobanya? Yuk kita simak resep kali ini dari Selerasa.com. Ya, sebagai alternatif dari pastel yang biasanya bercita rasa asin, saat ini kita kreasikan dengan cita rasa manis. Sama seperti asin, pastel manis juga terbuat dengan kulit pastel dan isian.

Bahan-bahan

– 70 gram tepung terigu protein rendah
– 80 gram tepung pisang goreng instan
– 3 sendok makan margarin cair
– 1/2 sendok teh pasta pandan
– 50 ml air hangat
– meses atau selai cokelat
– minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

Siapkan sebuah wadah, campurkan tepung terigu protein rendah dengan tepung pisang goreng instan lalu aduk rata, sisihkan. Dalam wadah terpisah, larutkan pasta pandan menggunakan air hangat, sisihkan.

Tuangkan margarin cair dan pasta pandan yang sudah dilarutkan ke dalam campuran tepung terigu, buat adonan hingga kalis. Bentuk adonan menjadi bulat lalu gilas dengan menggunakan rolling pin hingga adonan menjadi tipis. Cetak adonan menjadi bulatan-bulatan dengan menggunakan gelas plastik. Tambahkan meses atau isian cokelat lalu tutup adonan hingga rapat.

Tekan dan pilin bagian pinggiran pastel sehingga membantuk seperti kepangan kecil. Siapkan wajan dan panaskan minyak dengan api sedang. Goreng hingga kuning kecoklatan lalu tiriskan. Pastel manis tentunya dapat menjadi alternatif varian cemilan untuk anda yangh sudah bosan dengan pilihan yang itu-itu saja.

Perpaduan kulit pastry yang renyah dan lembutnya selai cokelat tentunya membuat sangat menggoda untuk kita santap. Selain selai cokelat, juga dapat menggunakan bahan baku lain untuk jadikan isian. Kacang hijau, selai kacang, dan krim dapat menjadi pilihan lain untuk memperkaya cita rasa dari pastel manis. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *