Perdana, Wabup Kepulauan Meranti Resmikan Musholla Jadi Masjid Al-Irsyad

Wakil Bupati Kepulauan Meranti H Asmar meresmikan perubahan status musholla menjadi Masjid Al-Irsyad, Desa Banglas, Kecamatan Tebing Tinggi, Jumat (3/6/2022).

LAMANRIAU.COM, SELATPANJANG – Wakil Bupati Kepulauan Meranti AKBP (Purn) H Asmar perdana meresmikan status Musholla Al- Irsyad menjadi masjid bertempat di Jalan Rintis Gang Amaliyah, Desa Banglas Kecamatan Tebing Tinggi, Jum’at 3 Juni 2022.

Peresmian itu turut dihadiri Asisten I Pemkab Kepulauan Meranti beserta Forkopimda, Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Meranti, Camat Tebing Tinggi, pemuka adat, alim ulama, tokoh pemuda dan jamaah.

Dalam sambutannya, Wabup Amar menyambut baik perubahan status Masjid Al-Irsyad Desa Banglas ini.

“Saya juga ingin mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dalam membantu menyelesaikan pembangunan Masjid Al Irsyad sehingga masjid ini sudah bisa kita gunakan pada hari ini,” sebutnya.

Menurut Asmar, peran dan fungsi masjid di tengah umat sebenarnya tidak pernah berubah dalam berbagai situasi dan kondisi dari dulu sampai sekarang.

“Akan tetapi, faktor keterbatasan dan kelemahan umat Islam yang justru menyebabkan tidak semua masjid yang dibangun berfungsi lebih dari sekedar tempat ibadah. Untuk itu kami juga berpesan, agar keberadaan masjid ini hendaknya benar-benar dapat difungsikan secara optimal sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh seluruh warga Desa Banglas ini,” tutur Asmar lagi.

Mengingat selama ini masjid bukan hanya berperan sebagai tempat beribadah semata, melainkan juga sebagai pusat kegiatan umat Islam. Ia berharap, Masjid Al-Irsyad akan menjadi tempat menyebarkan nilai-nilai persatuan dan kesatuan Islam, serta persaudaraan dan kerukunan umat.

“Kami juga berharap, agar kita bersama-sama dapat memakmurkan masjid ini dan menjadikannya sebagai pusat kebudayaan dan pengetahuan kajian ilmu Islam,” papar Asmar.

Wabup juga meminta kepada Camat dan seluruh jajarannya agar dapat memberikan perhatian lebih kepada masjid dan tempat-tempat ibadah lainnya. Jadilah tauladan dan dorong masyarakat untuk memakmurkan masjid. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Indra Hariyono

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *