Bupati Meranti Mendapat Gelar Datuk dari Sultan Siak ke XIII, Netizen Heboh

Bupati Meranti M.Adil mendapat gelar Datuk dan keris pusaka dari SUltan Siak ke XIII (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Jagat media sosial bergoncang. Netizen heboh, tiba-tiba sudah ada Sultan Siak ke XIII. Kemunculan perdananya langsung memberikan gelar penghargaan datuk ke Bupati Kepulauan Meranti, H. Muhammad Adil.

“Awalnya saya sempat kager, Bupati Meranti sebegitunya menyambut yang mengaku-ngaku sebagai Sultan Siak XIII. Sementara zuriat Sultan sendiri sudah membantah ada Sultan XIII, dan menilai motif menngaku-ngaku Sultan hanyalah karena kepentingan pribadi dan ekonomi,” tulis Dr.Afni Zulkifli, anak asli Siak dalam status facebooknya, Rabu, 15 Juni 2022.

Sementara Zulkarnain Kadir di akun instagram @zoelkadir menulis; anak awak bertanya, papa dari siak ya… apa betul siak sudah punya sultan ke 13.. ini yg agak bingung awak menjawabnya..nantilah nak kita tanya sama turunan sultan siak yg masih ada, atau kita tanya ke lam siak atau lam riau..papa tak ngerti juga ttg turunan sultan siak ini sabar ya..kalau istannya masih ada di kota siak, tulisnya, Selasa, 14 Juni 2022.

Apa yang sebenarnya terjadi?

Seperti diketahui, Selasa, 14 Juni 2022, Bupati Meranti M.Adil menerima penghargaan gelar Datuk dari Sultan XIII Siak Sri Indrapura As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil. Gelar datuk yang disandang adalah Datuk Tuah Amanah Jasa Negeri.

Selain diberi gelar datuk, M. Adil juga diberi keris pusaka yang bernama Brojoguno. Keris diberikan sultan kepada Adil dalam malam syukuran atas penabalannya di Taman Cik Puan Selatpanjang, Senin (13/6) malam.

“Saya serahkan sebilah pusaka keris Brojoguno kepada bupati yang memang dirancang untuk menang sebelum berperang. Artinya siapa pun yang bermusuh pada akhirnya mereka menyerah. Kemudian mengangkat pamor, perdaringan kebak yang dapat dipegang Adil dalam mengemban tugas besar sebagai Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti,” ungkap Sultan XIII Siak Sri Indrapura As Syaidis Syarif Nasir Abdul Jalil seperti dikutip Riau Pos, Rabu, 15 Juni 2022.

Editor: Deandra

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *