Irjen Mohammad Iqbal Resmi Menyandang Gelar Datuk Wira Lela Setia Negeri

Irjen Mohammad Iqbal dibatlkan gelar adat Datuk Wira Lela Setia Negeri oleh LAM Riau Kota Dumai (net)

PLAMANRIAU.COM, DUMAI – Dianggap berjasa pada Kota Dumai, Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kota Dumai, memberi gelar kehormatan adat pada Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal.

Mantan Wakapolres Dumai itu diberi gelar adat Datuk Wira Lela Setia Negeri. Penabalan gelar adat kehormatan itu dilakukandi Balai Adat LAMR Dumai, Jalan Putri Tujuh, Kota Dumai, Jumat, 17 Juni 2022.

Saat prosesi penabalan gelar adat, Iqbal didampingi  istri, Datin Nindya M Iqbal. Datin menggunakan busana melayu warna hitam dengan corak kuning keemasan.

Majelis Penabalan gelar adat ditandai dengan pemasangan Tanjak oleh Ketua MKA LAMR Kota Dumai Datuk Seri Atan Ujang. Pemasangan selempang oleh Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar dan pemasangan keris oleh Ketua DPH LAMR Kota Dumai Datuk Seri Syarudin Husin.

Turut hadir pada pemberian gelar tersebut Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, Forkopimda Riau, Walikota Dumai Paisal, Kapolres Dumai AKPB Mohammad Kholid.

Prosesi Tepuk Tepung Tawar dilakukan Gubernur Syamsuar. Diikuti Ketua MKA, DPH LAMR Kota Dumai serta para tokoh adat kepada Tuan Iqbal Datuk Wira Lela Setia Negeri.

Gubernur Riau Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar dalam petuah amanahnya  menyampaikan tahniah dan syabas kepada Kapolda Riau bergelar Datuk Wira Lela Setia Negara.

“Semoga gelar ini dapat membawa keberkahan. Baik bagi beliau bersama keluarga dan bagi kita semua yang ada di Dumai,” kata Datuk Seri Setia Amanah Syamsuar. .

Iqbal mengaku sangat terhormat. Ia menyatakan ini adalah anugerah luar biasa.

“Alhamdulillah, saya sangat bersyukur atas penabalan (gelar kehormatan adat) ini. Ini adalah anugerah yang sangat luar biasa bagi saya sekeluarga. Baik saya secara pribadi, keluarga, dan selaku Kapolda,” kata Iqbal.

Dumai, ungkap Iqbal tidak ubahnya seperti kampung halamannya sendiri. Sebab, pada pada tahun 2003, Iqbal pernah bertugas di Kota Dumai. Waktu itu ia adalah Wakapolres.

Ia tak menyangka, saat sekarang menjadi Kapolda Riau, LAMR Kota Dumai menganugerahkan gelar kehormatan adat.

Mantan Kapolda NTB ini mengungkapkan, Ia pun berkomitmen untuk menjaga amanah gelar datuk ini.

Editor: Deandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.