Mahathir Mohamad Bicara Kepulauan Riau Masuk Malaysia, Ada Apa?

Mahathir Mohamad klaim Kepulauan Riau adalah bagian Malaysia (net)

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Mantan Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohammad, tiba-tiba bicara Kepulauan Riau dan Singapura adalah bagian dari Negara Malaysia. Ada apa tiba-tiba mantan PM itu baru bicara sekarang>

Menurut Mahathir, dua daerah itu merupakan bagian dari tanah Melayu. Artinya, kedua pulau itu adalah teritori dari wilayah mereka.

Hal itu diutarakan Mahathir dalam pidato pembukaan yang disiarkan media sosial Minggu 19 Juni 2022, sebagai mana ditulis media Singapura, Strait Times, Selasa, 21 Juni 2022.

“Kita harusnya tak hanya meminta Pedra Branca dikembalikan, atau Pulau Batu Puteh, kita juga harus meminta Sinngapura pun Kepulauan Riau, mengingat mereka adalah bagian dari Tanah Melayu [Malaysia],” kata Mahathir, Selasa 21 Juni 2022.

Diberitakan Straits Times, Mahathir Mohamad menyebutkan Singapura sebelumnya dikuasai oleh Johor dan seharusnya Johor menuntut agar Singapura dikembalikan kepada Malaysia. Namun, lanjut Mahathir, tidak ada tuntutan apapun dari Singapura.

Mahathir mengklaim, wilayah Malaysia itu dulunya terbentang dari Tanah Genting Kra di Thailand hingga Kepulauan Riau dan Singapura.

“Namun, wilayah tersebut sekarang terbatas di Semenanjung Malaysia,” ujarnya

Sementara itu menanggapi penyataan Mahathir, Kemenlu RI belum mengambil sikap.

“Sedang dimintakan informasi lebih lanjut ke KBRI di Kuala Lumpur,” kata juru bicara Kemlu Teuku Faizasyah seperti dikutip detikNews, Selasa, 21 Juni 2022.

Editor: Deandra

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.