Desa Kumain Jadi Pelopor Listrik Pintar Rokan Hulu, Apa Itu Listrik Pintar?

Desa Kumain Tandun menjadi desa pertama yang melaksanakan proyek 100 persen listrik pintra Rohul (antara)

LAMANRIAU.COM, ROHUL – Kabupaten Rokan Hulu mencanangkan 100 persen desa listrik pintar. Desa Kumain, Kecamatan Tandun ditunjuk sebagai pilot projeknya.

Pencanangan ini dihadiri Sekretaris Daerah Kabupaten Rohul, Muhammad Zaki. Acara dilakukan di di Balai Desa Kumain, Tandung, Selasa, 28 Juni 2022.

Turut hadir dalam acara itu Camat Tandun, Kepala Desa Kumain, Manager PLN UP3 Pekanbaru, Manager PLN ULP Ujung Batu dan masyarakat Desa Kumain.

Pencanangan 100 persen listrik pintar itu adalah perpindahan pelanggan listrik dari pasca bayar ke pra bayar (litsrik token). Ada 740 pelanggan di Desa Kumain yang melakukan imigrasi meteran listriknya.

Sekda menyebutkan, pemakaian listrik prabayar ini memberikan banyak keuntungan, baik kepada pelanggan, PLN, maupun pemerintah daerah.

“Dengan penggunaan listrik pintar juga tidak ada lagi masyarakat berasumsi petugas PLN baca meter asal – asalan karena perbedaan tagihan listrik,” katanya.

Masyarakat juga bisa menghemat penggunaan listrik dengan mengontrol langsung pemakaian secara harian. Untuk pembelian token listrik, tambah M. Zaki, juga sudah banyak kemudahan, bisa melalui mobile banking, bumdes, atau PPOB lain.

Harapan Sekdakab Rohul, setelah Desa Kumain, desa lain di Rohul bisa mengikuti program listrik pintar tersebut.

Sementara Manager PLN UP3 Pekanbaru, Wira Bhakti Dharma mengapresiasi Desa Kumain menjadi desa pertama migrasi 100 persen ke listrik prabayar di wilayah kerja PLN UP3 Pekanbaru pada tahun 2022.

Hal ini akan sangat berdampak terhadap percepatan pengelolaan pajak penerangan jalan (PPJ) agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) juga bisa cepat diproses di Pemerintah Kabupaten untuk kemaslahatan masyarakat di Rokan Hulu.

Editor: Deandra – sumber : antara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.