Jokowi Bertemu Presiden Rusia di Moskow, Ini Jawaban Putin

Presiden Jokowi bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan pesan Presiden Ukraina (net)

LAMANRIAU.COM, MOSKOW – Setelah bertemu Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, Presiden Joko Widodo meluncur ke Moskow, Rusia. Jokowi pun bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pertemuan dengan Putin itu adalah bagian dari upaya Presiden Indonesia untuk menjadi penengah perang antara Rusia dan Ukraina. Pertemuan itu diadakan di Istana Kremlin, Moskow, Kamis (30/6).

“Saya telah menyampaikan pesan Presiden Zelensky untuk Presiden Putin. Saya siap untuk menjadi jembatan komunikasi antara kedua pemimpin tersebut,” ucap Jokowi saat menyampaikan keterangan pers usai bertemu Putin yang dikutip dari siaran YouTube Sekretariat Presiden, Kamis, 30 Juni 2022.

Disadarinya, perang Rusia dan Ukraina saat ini masih sulit untuk mencapai titik akhir. Namun, upaya damai harus tetap diupayakan.

“Sebagaimana yang saya sampaikan di Kyiv. Walaupun situasi saat ini masih sangat sulit, namun saya tetap menyampaikan bahwa penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan. Ruang-ruang dialog terus bisa dibuka,” ucapnya.

Pada pertemuan tersebut, Jokowi dan Putin juga membahas mengenai pangan dan pupuk dunia. Jokowi mengatakan kepada Putin bahwa pasokan pangan dan pupuk di negara berkembang terganggu akibat perang Rusia-Ukraina.

Usai mendengar pemaparan Jokowi, Putin pun lantas memberikan jaminan mengenai keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Rusia dan Ukraina.

“Saya sangat menghargai Presiden Putin yang tadi menyampaikan bahwa (akan) memberikan jaminan keamanan untuk pasokan pangan dan pupuk baik dari Rusia maupun dari Ukraina. Ini sebuah berita yang baik,” kata Jokowi.

Editor: Deandra – Sumber: rmol

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *