Tips Membuat Taman Minimalis Depan Rumah Type 36

taman type 36

LAMANRIAU.COM – Dari ukurannya, rumah minimalis type 36 memang tergolong sebagai rumah kecil. Namun tidak ada salahnya melengkapi rumah tersebut dengan taman agar arsitektur bangunannya terlihat lebih indah. Apalagi membuat taman minimalis sangatlah mudah jika sudah mengetahui tips dan tekniknya.

Menciptakan kesan luas pada taman kecil

Karena berada sekitar rumah type 36 yang ukurannya kecil, tentu lahan yang tersedia untuk membuat taman minimalis juga tidak terlalu luas. Untuk itu bagian pagar pembatas rumah, pilih material batu alam atau papan kayu yang ditata secara horizontal agar terlihat lebih besar.

Baca : Cara Praktis Menanam Teratai Air Menggunakan Pot

Selain itu apabila lebih suka menggunakan material kayu, kasih cat warna yang sifatnya alami dan cenderung gelap. Karena warna gelap akan terlihat lebih kontras dan bisa menghadirkan kesan luas saat berpadu dengan warna daun dan bunga tanaman.

Menciptakan ilusi jarak

Tips selanjutnya untuk membuat taman minimalis depan rumah, pagar pembatas tersebut harus buat dalam batas atau jarak tidak begitu jauh dan tinggi dengan jalan atau carport. Jika perlu, bagian pinggir taman bisa lengkapi pot ukuran panjang dengan tanaman hias yang penuh warna berbeda-beda. Parit dari bahan batu koral warna cerah juga bisa diaplikasikan untuk menghadirkan kesan lapang dan luas.

Menciptakan titik fokus pandangan

Kesan luas pada taman minimalis depan rumah type 36 juga dapat diciptakan melalui titik fokus pandangan. Misalnya dengan cara menghadirkan fasad atau jalan setapak dari material batu alam. Keberadaannya juga sangat mampu menciptakan nuansa lebar di taman, karena pandangan mata tidak hanya tertuju pada tanaman saja, melainkan juga ke fasad atau jalan setapak tersebut.

Menggunakan pot gantung

Langkah berikutnya membuat taman minimalis depan rumah adalah memakai pot gantung. Pot gantung ini sangat tepat sekali pasang pada elemen pembatas yang masih kosong seperti fasad atau pagar. Apabila berpadukan secara baik dan benar, pot-pot gantung ini bisa jadikan sebagai alternatif titik fokus pandangan. Akan tetapi sebaiknya pilih pot gantung yang ukurannya tidak terlalu besar agar tidak terasa penuh.

Penggunaan tanaman hias

Karena ukuran lahannya terbatas, maka taman depan minimalis untuk rumah type 26 tidak butuh tanaman hias dalam jumlah yang banyak. Apabila jumlah tanamannya terlalu banyak, hal ini justru akan menghadirkan kesan semrawut dan taman menjadi terlihat makin kecil ketimbang ukuran luas sebenarnya.

Jadi sebaiknya cukup menggunakan satu atau dua tanaman hias saja. Sedangkan lahan yang masih kosong dapat kita tutup dengan tanaman rumput. Bahkan tanaman rumput ini harus jadikan sebagai tanaman dominan.

Untuk tips terakhir membuat taman minimlis depan rumah, dapat memilih tanaman hias pohon kamboja dengan ukuran sedang. Selain itu juga bisa menggunakan tanaman lain yang batangnya memiliki warna terang. ***

Editor: Fahrul Rozi/Sumber: Fajargroup.com

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *