Targetkan Lumpuhkan Ukraina, Drone Rusia Hancurkan Fasilitas Energi

LAMANRIAU.COM, UKRAINA- Presiden Rusia Vladimir Putin tidak main- main dengan ucapannya yang meningkatkan serangannya ke Ukraina. Kali ini serangan Rusia ditargetkan untuk melumpuhkan dlnegara tersebut dengan sasaran fasilitas penting, seperti fasilitas energi dan infrastruktur Ukraina.

Akibat serangan ini, Ukraina  kehilangan kemampuan untuk menghasilkan daya listrik.

Serangan udara terbaru Rusia pada Selasa 18 Oktober 2022 dilaporkan telah menghantam fasilitas energi di Zhytomyr, sebuah kota di Ukraina yang memiliki pangkalan militer. Menurut Walikota Serhiy Sukhomlyn, rumah sakit setempat terpaksa beroperasi dengan daya cadangan.

Diberitakan juga, sebuah fasilitas energi di Kyiv juga terkena drone Rusia, bersama dengan fasilitas lain di kota Dnipro di tengah selatan.

Dikutip dari headtopic.com, dalam pidatonya pada Selasa, Presiden Volodymyr Zelensky mengatakan 30 persen pembangkit listrik di Ukraina telah hancur dalam sepekan terakhir akibat serangan Rusia. Alhasil terjadi pemadaman besar-besaran di seluruh negeri, meski menjelang musim dingin.

“Tidak ada ruang tersisa untuk negosiasi dengan rezim (Presiden Rusia Vladimir) Putin,” tegas Zelensky.

Kementerian Luar Negeri Ukraina mencatat lebih dari 100 drone telah menghantam pembangkit listrik, pabrik pengolahan limbah, dn target lainnya.

Srone yang digunakan oleh Rusia merupakan drone Shahed-136, yang diproduksi di Iran atau disebut “drone kamikaze” atau “drone bunuh diri” karena mereka menabrak gedung dan meledak.***

Editor: Zulfilmani/Penulis: Amri Hakim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *