Riau  

Pembukaan Porprov Riau X 2022 oleh Gubri Syamsuar

Gubernur Syamsuar didampingi Wakil Ketua DPRD Riau Agung Nugroho, Ketua KONI Riau Iskandar Husein, Bupati Kuansing, Suhardiman Amby membunyikan sirine pepmbukaan Porprov Riau X tahun 2022 di Stadion Sport Center Kuansing, Sabtu (12/11/2022) malam.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN – Pembukaan pesta Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Riau ke X tahun 2022 yang berlangsung di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) resmi digelar secara meriah.

Acara yang dibuka langsung oleh Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar tersebut berlangsung di Sport Center Kuansing dengan menghadirkan berbagai penampilan seni budaya Kuansing, dan kegiatan lainnya, Sabtu 12 November 2022 malam.

Gubri Syamsuar menerima sirih dari penari Tari Sembah Cerano pada pembukaan Porprov Riau X di Stadion Sport Center Kuansing, Sabtu (12/11/2022) malam.

Adapun beberapa penampilan seni dan budaya dalam rangka memeriahkan Porprov Riau X tahun ini, yaitu Tari Sembah Carano, marching band, defile atlet, dan tari kolosal karya Epi Martison dengan menampilkan 500 penari, serta kegiatan lainnya.

Gubri Syamsuar didampingi istri, para Bupati dan Walikota serta Forkompimda Riau mengikuti defile pembukaan Porprov Riau X di Stadion Sport Center Kuansing, Sabtu (12/11/2022) malam.

Selain Gubernur Riau, tampak hadir pula Forkompinda Riau, para bupati dan Walikota se Provinsi Riau, cerdik pandai, ninik mamak Kabupaten Kuansing, serta tamu undangan lainnya turut hadir menyaksikan pembukaan Porprov Riau X itu.

Gubernur Riau Syamsuar menerima piala bergilir dari kontingen Kabupaten Bengkalis untuk diserahkan kembali kepada Tuan Rumah Porprov Riau X Kabupaten Kuantan Singingi.

Ketua KONI Riau Iskandar Hoesen melaporkan bahwa pelaksanaan Porprov Riau ini diikuti oleh 4.456 atlet, pelatih dan ofisial dari 12 kabupaten/kota se Riau.

Iskandar Hoesen menerangkan, Porprov Riau X tersebut mempertandingkan 26 cabang olahraga, dengan 375 nomor pertandingan dan memperebutkan 375 medali emas, 375 perak, serta 530 medali perunggu.

Gubri Syamsuar didampingi Forkompimda menyaksikan defile kontingen peserta Porprov Riau X di Kabupaten Kuantan Singingi.

“Penyelenggaraan Porprov Riau X tersebar di tiga cluster, meliputi dua kabupaten dan satu kota, yakni 23 cabor di Kuansing, dua cabang olahraga di Kota Pekanbaru yaitu senam dan renang, serta satu cabor di Inhu yaitu panjat tebing,” sebutnya.

Iskandar Hoesen menyebutkan, Porprov Riau 2022 ini dimulai tanggal 12 sampai dengan tanggal 22 November yang akan datang.

Gubri Syamsuar didampingi istri dan Plt Bupati Kuansing Suhardiman Amby menyaksikan defile kontingen peserta Porprov Riau X di Kabupaten Kuantan Singingi.

Dia berharap penyelanggaraan pesta olahraga tingkat Provinsi Riau ini dapat terlaksana dengan 4 S. Yaitu sukses penyelenggaraan, sukses prestasi, sukses administrasi keuangan, dan sukses ekonomi kerakyatan.

“Selamat datang kepada para atlet di Kota Jalur Kabupaten Kuansing, mari bersama bersatu padu agar olahraga kita terus berkembang,” tutupnya.

Gubernur Riau Syamsuar mengikuti pawai defile kontingen peserta Porprov Riau X di kabupaten Kuantan Singingi.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, bahwa pelaksanaan Porprov ini, meriah dan luar biasa juga sangat dinantikan dan mendapat dukungan penuh dari lapisan masyarakat.

“Selain kegiatan ini dapat meningkatkan citra Kuansing, juga mengangkat sektor Pariwisata, UMKM, dan sektor-sektor lainnya. Sehingga perekonomian masyarakat di Kuansing, bangkit dalam rangka pemulihan ekonomi,” ujar Gubri Syamsuar saat menyampaikan sambutan.

Gubernur Riau Syamsuar dan istri menyaksikan rangkaian kegiatan pembukaan Porprov Riau X di Stadion Sport Center Kuantan Singingi, Sabtu (12/11/2022).

Gubri Syamsuar mengatakan, even olahraga terakbar di Provinsi Riau itu juga sebagai ajang olahraga dan menjadi sarana media bagi para atlet untuk membuktikan kemampuan dan meraih prestasi yang diharapkan.

Sehingga, kata dia, nantinya setelah even selesai mampu menghasilkan atlet-atlet yang handal untuk memperkuat Riau diberbagai iven. Terutama untuk iven olahraga Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) pada tahun 2023. (Galeri)

Editor: Fahrul Rozi