Rahmat Pantun Terima Penghargaan dari Dinas Kebudayaan Provinsi Riau

Rahmat Pantun merupakan salah satu dari penerima penghargaan dari Dinas Kebudayaan Provinsi Riau.

LAMANRIAU.COM, BAGANSIAPIAPI – Dalam rangka mengembangkan nilai-nilai budaya di daerah, Dinas Kebudayaan Provinsi Riau kembali menyenggarakan Festival Lintas Etnis yang berpusat di Kecamatan Tanah Putih Tanjung Melawan, Kabupaten Rokan Hilir Provinsi Riau, Jumat 2 Desember 2022 lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau, Raja Yoserizal Zen mengatakan, Festival Lintas Etnis dengan tema “Beragam dan Seragam Indonesia” ini bukan kegiatan bersifat lomba. Akan tetapi, kegiatan ini bersifat penampilan dari berbagai budaya yang ada di Rokan Hilir.

Dengan kegiatan ini, harap Yoserizal dapat menjadi sebagai perekat lintas budaya yang ada di Rokan Hilir. “Dengan adanya festival lintas etnis, menunjukkan adanya keragaman budaya di daerah ini. Makanya keragaman budaya tersebut perlu kita jaga bersama,” ungkap Yoserizal Zen.

Festival Lintas Etnis ini menampilkan beragam budaya yang ada di Rokan Hilir. Untuk sesi pertama, menampilkan tiga ragam budaya, antara lain; Tari Ulak Bosa oleh Sanggar Ulak Bosa Sedinginan Kecamatan Tanah Putih, penampilan Silat 21 Hari oleh Lembaga Tepak Sirih Tanah Putih Tanjung Melawan, penampilan tari “Rantak Berantak Minang” oleh Sanggar Jaya Bestari Bagansiapiapi.

Kemudian pada sesi berikutnya menampilkan musik dan lagu oleh grup Senandung Rokan Bagansiapiapi, musik dan tarian oleh Sanggar Susun Sirih Bagansiapiapi, musik dan lagu oleh Komunitas Batak Mandailing Tapsel Kecamatan Rimba Melintang, Zapin Bagan oleh Sanggar Sinar Rokan Bagan Siapiapi, penampilan Reog Ponorogo oleh Komunitas Keluarga Jawa Kecamatan Bagan Sinembah Balai Jaya, tari dan musik oleh Sanggar Sri Kemuning, Bagansiapiapi dan penampilan musik dan lagu oleh Kumpulan Purab Mahligai Kota Dumai.

Pada kesempatan itu, Dinas Kebudayaan Provinsi Riau juga memberikan apresiasi kepada kelompok/sanggar yang konsisten dalam menjaga serta melestarikan budaya daerah.

Ada tiga sanggar dan lembaga yang mendapatkan sertifikat/penghargaan dari Dinas Kebudayaan Riau. Masing-masing diberikan kepada Sanggar Pura Mahligai Kota Dumai, Lembaga Tepak Sirih serta Reog Ponorogo oleh Komunitas Keluarga Jawa Kecamatan Bagan Sinembah Balai Jaya.

Ketua Lembaga Tepak Sirih Muhammad Sarbaini yang akrab disapa Rahmat Pantun,  mengucapkan ribuan terima kasih kepada anggota DPRD Riau H Zulkifli Indra, SH yang menginisiasi kegiatan Festival Lintas Etnis tersebut.

Dikatakan Rahmat Pantun, kegiatan tersebut terselenggara berkat upaya H Zulkifli Indra yang merupakan Wakil Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau yang berasal dari Dapil Rokan Hilir.

“Terima kasih Pak Zulkifli Indra dari Partai Demokrat atas kepeduliannya, sehingga Festival Lintas Etnis ini bisa terlaksana. Kami dari penggiat seni dan budaya dari Rokan Hilir berharap kegiatan seperti ini bisa digelar setiap tahun,” harap Rahmat Pantun. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *