Membuat Bonsai Jambu Biji yang Mengasyikkan

LAMANRIAU.COM – Tanaman Hias bonsai banyak digemari oleh pencinta tanaman, karena tanaman hias ini mengandung nilai seni dan terlihat unik. Banyaknya tanaman yang bisa dijadikan bonsai, mulai dari kelapa, delima, hingga dari tanaman liar. Termasuk tanaman berbuah seperti jambu biji.

Untuk membuat tanaman hias bonsai dari jambu biji, menggunakan tanaman yang berusia muda dan berukuran kecil. Tanami tanaman jambu biji tersebut, masukkan dalam ember yang berukuran kecil. Lalu batang dari tanaman berikan kawat atau tembaga sisa kabel, bertujuan untuk mengkakukan tubuh bonsai.

Setelah tanaman sudah diberi kawat, kaitkan lah pada lubang gagang ember yang sudah dilepaskan. Pada saat melenturkan batang jambu biji jangan mengkawatirkan patah, karena batang dari daun jambu biji bisa dikatakan kuat dan elastis.

Setelah selesai memberikan kawat pada batangnya, langkah selanjutnya kembali mengikat Ranting dengan kawat. Pembentukan ranting pada jambu biji, sesuai dengan umumnya bentuk pembonsaian. Setelah itu, potong bagian atas ranting daun sisakan 2 pucuk daun pada ranting, agar nantinya tumbuh tunas baru saat menjadi bonsai

Sekitar 3 – 4 bulan akan bertumbuh tunas-tunas baru pada tanaman, yang semulanya melakukan pemotongan pada ranting pohon. Setelah menjadi bonsai, pemotongan selanjutnya dapat dikreasikan dengan kekreatifan diri. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews