Begini Kondisi Gedung MPP Pekanbaru Usai Alami Kebakaran Hebat

Kondisi gedung MPP Pekanbaru usai kebakaran hebat, Minggu (05/03/2023).

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kebakaran yang melanda gedung Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pekanbaru, Minggu 05 Maret 2023 siang sekitar pukul 09.50 Wib menghabiskan sebagian besar Gedung B.

Api baru mampu dipadamkan setelah 12 unit mobil pemadam kebakaran (Damkar) dikerahkan untuk memadamkan api yang telah menjalar ke seluruh gedung.

Kabid Pencegahan dan Peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru Said Nurul Hidayat mengatakan, informasi awal didapat dari Satpol PP Provinsi Riau pada pukul 10.00 WIB.

“Saat ini api sudah mulai bisa dikendalikan, titik urgent udah dipadamkan. Ini mulai pendinginan,” sebutnya.

Kebakaran gedung MPP terjadi usai apel Paskibraka yang diikuti sejumlah siswa dari SMP/SMA sedejarat di Kota Pekanbaru. Sesaat upacara usai, salah seorang warga melihat ada asap muncul dari atas atap.

Gedung pemerintah yang berada di Jalan Jenderal Sudirman itu terbakar awalnya tampak asap tebal membumbung tinggi dari atap gedung utama MPP Pekanbaru.

Penjabat Walikota Pekanbaru, Muflihun, menyampaikan duka cita atas musibah kebakaran gedung MPP Pekanbaru. Ia mengaku kaget mendapat kabar terbakar gedung pelayanan publik tersebut.

“Lantai dua lantai tiga sudah pasti habis ini,” ujar Muflihun di lokasi kebakaran. 

Muflihun menduga kebakaran terjadi akibat instalasi listrik. Namun, ia menyebut akan menunggu kepastian dari pihak forensik terkait sumber dan penyebab kebakaran tersebut. 

“Barang barang di dalam sudah tidak sempat diselamatkan karena api cepat membesar,” pungkasnya.

Kobaran api menghanguskan bangunan yang terletak di Jalan Jenderal Sudirman Pekanbaru tersebut. Jago merah hanya menyisakan kerangka gedung.

Dugaan sementara api berasal dari gedung B MPP Pekanbaru. Api diduga berasal dari ruangan Sekda Pekanbaru, yang berada di lantai dua gedung.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Akmal Khairi mengatakan belum mengetahui pasti sumber api. Namun diduga api berasal dari salah satu ruangan di lantai dua gedung. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *