Ketua Permaskab Apresiasi Meranti Berselawat: Momentum Bertransformasi

Meranti Bersholawat dihadiri Alhabib Azhar bin Alwi Assegaf, pimpinan Marwama Nurusy Syafa'ah Maulana Qahar, pimpinan Al Qahhar dan Ketua Perkumpulan Masyarakat Kabupaten (Permaskab) Kepulauan Meranti di Pekanbaru Nazaruddin (Irvan Nasir).

LAMANRIAU.COM, SELATPANJANG – Memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, Yayasan Indonesia Madani menggelar acara Meranti Berselawat di lapangan voli Jalan Pembangunan III Gang Tawakal, Kelurahan Selatpanjang Timur, Rabu 19 Juli 2023 malam.

Dalam acara ini, Yayasan Indonesia Madani mengundang majelis taklim, tokoh agama, masyarakat, serta pemuda untuk ikut menyemarakkan Meranti Berselawat.

Turut juga diundang Alhabib Azhar bin Alwi Assegaf, pimpinan Marwama Nurusy Syafa’ah Maulana Qahar, pimpinan Al Qahhar dan Ketua Perkumpulan Masyarakat Kabupaten (Permaskab) Kepulauan Meranti di Pekanbaru Nazaruddin.

Jamaah memadati lapangan dan mengikuti alunan selawat yang diiringi hadrah. Nuansa saat itu menggema hingga dari jarak ratusan meter. Mereka yang hadir pun khidmat melantunkan pujian kepada Rasulullah SAW.

Ketua Permaskab Kepulauan Meranti di Pekanbaru Nazaruddin mengungkapkan rasa bahagianya telah diundang dalam agenda tersebut.

Agenda seperti ini menjadi sebuah motivasi dan perlu disyiarkan kepada umat agar tidak kalah dengan syiar penyambutan tahun baru Masehi yang akhir-akhir ini disambut dengan sangat meriah

“Saya merasakan ini adalah malam yang membahagiakan karena diundang langsung oleh ustad Risnaldi. Kegiatan ini substansinya adalah untuk memperingati 1 Muharram yang menjadi tahun baru Islam. Harusnya tidak kalah menarik seperti menyambut tahun baru Masehi dengan gegap gempita,” kata Nazaruddin Nasir.

Pria yang juga akrab disapa Irvan Nasir ini menyampaikan inti dari acara adalah memaknai hijrah yang dilakukan Rasulullah SAW.

“Alhamdulillah peringatan tahun baru Islam yang kita laksanakan dimulai dengan merangkai selawat dan melantunkan kalimat thoyibah. Tentunya ini adalah kegiatan positif yang kita apresiasi dan memulai tahun baru dengan berhijrah atau bertransformasi ke arah yang lebih baik dan semangat untuk menatap masa depan yang lebih optimis dan Kepulauan Meranti menjadi barokah seperti yang kita cita-citakan bersama,” ungkapnya.

Ketua Yayasan Indonesia Madani Risnaldi dalam sambutannya menyampaikan bahwa lembaga yang dipimpinnya berdiri pada tahun 2019 silam dan bergerak di bidang pendidikan.

Disampaikan, bersempena dengan peringatan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 Hijriah, pihaknya menggelar festival hadrah, sekaligus peresmian kursus Bahasa Arab.

“Saya hanya ingin mengenalkan, kami yayasan yang sudah berdiri sejak 2019 lalu bergerak di bidang pendidikan, sering melakukan pelatihan seperti tahfidz dan tahsin Alquran dan kali ini kursus Bahasa Arab. Semoga ini juga langkah awal kami untuk mengembangkan program keagamaan,” kata Risnaldi.

Selawat dengan diiringi hadrah dilakukan agar Kabupaten Kepulauan Meranti menjadi sejuk damai dan sejahtera. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi momentum untuk introspeksi dan muhasabah diri agar menjadi lebih baik ke depannya.

Selanjutnya acara bertambah khidmat yang dilanjutkan dengan tausiah agama, yang disampaikan oleh Alhabib Azhar bin Alwi Assegaf.

Dikatakan, inti dari peringatan ini adalah memaknai hijrah yang dilakukan Rasulullah dengan lebih meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah serta mengimplementasikan dengan menebar rahmat bagi semesta alam.

“Dalam momentum ini, mari kita introspeksi diri atas apa yang telah kita lakukan di masa lalu. Kesalahan yang pernah diperbuat, kita perbaiki agar ke depan menjadi hamba Allah yang lebih baik,” pungkasnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *