Kunker ke Kepulauan Meranti, Gubri Syamsuar Serahkan Bantuan untuk Pemerintah Daerah

Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan berbagai bantuan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kepulauan Meranti, Senin (24/07/2023).

LAMANRIAU.COM, MERANTI – Dalam rangka melakukan kunjungan kerja (Kunker), Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyerahkan berbagai bantuan untuk Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Penyerahan ini dilaksanakan pada kegiatan panen raya di Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti, Senin 24 Juli 2023.

Adapun yang diserahkan Gubernur Syamsuar seperti bantuan traktor, penyerahan alat bantu panen, penyerahan bantuan paket Plpupuk. Kemudian, dua Kelompok Tani mendapat bantuan dua mesin kopi sachet, dan ada juga yang menerima satu paket alat pasca panen karet.

Setelah itu, orang nomor satu di Provinsi Riau ini menyerahkan satu unit mesin pemadam diterima oleh Camat Rangsang. Satu unit mesin pemadam yang diserahkan kepada Kepala Desa Tanjung Peranap. Lalu, Gubri juga menyerahkan bantuan sapi kepada kelompok tani.

Tujuh ekor sapi diterima oleh Kelompok Tani Berkah Desa Gogok Darusalam Kecamatan Tebing Tinggi Barat, tujuh ekor sapi diserahkan kepada Kelompok Berkah Berkarya Desa Banglas Kecamatan Tebing Tinggi. Dan yang terakhir, tujuh ekor sapi diberikan kepada Kelompok Ternak Sepakat Desa Insit Kecamatan Tebing Tinggi Barat.

Dijelaskan Gubri, tujuan diberikannya berbagai batuan tersebut dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sedangkan diberikannya peralatan penanganan karhutla ini berfungsi untuk mengantisipasi dan pengendalian  kebakaran hutan.

“Di samping itu, kami juga memberikan bantuan untuk petani baik tanaman pangan maupun dari petani kopi. Dan termasuk kami memberikan bantuan alat mengatasi kebakaran untuk bagaimana meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sini,” jelasnya.

“Dan sekaligus juga kami harapkan tidak ada kebakaran hutan atau pun lahan yang hebat seperti di tahun-tahun sebelumnya dengan adanya kesiapan kita untuk memberikan penyuluhan kepada masyarakat,” lanjut Gubri.

Gubernur Syamsuar menerangkan, sebagaimana dimaklumi bersama, tahun ini adalah memang musim kemarau yang sangat kuat. Berdasarkan informasi BMKG Pusat, sampai bulan Oktober Indonesia mengalami musim kemarau kering. Maka adanya bantuan pemadam kebakaran tersebut, masyarakat dapat membantu Kepala Desa, TNI, Polri yang ikut berjibaku memadamkan api yang tidak diharapkan.

“Karena itu lebih baik kita mencegah daripada terjadi kebakaran. Harapan saya mudah-mudahan tahun ini tidak terjadi lagi. karna kita bersama tni/polri dan segala stageholder serta pihak terkait kita bisa mengendalikan selama tiga tahun karhutla ini yang mengakibatkan bencana kabut asap,” harapnya.

Sementara itu, seorang warga Desa Kedabu Rapat, Dika (23) mengaku senang dengan kehadiran Gubri Syamsuar ke tempatnya. Menurut dia, kedatangan gubernur sudah sangat dinanti-nanti oleh masyarakat sekitar. Karena dengan terjun kelapangan secara lansung seperti ini bisa menyampaikan aspirasi dan masukan kepada pemimpin.

“Kami sudah dari kemarin wak menanti kedatangan pak gub kesini. Jujur saja senang bisa bertemu secara langsung kepada beliau, apalagi pak gub tadi banyak memberikan bantuan kepada kami. Trus pak gub juga mempersilahkan kami untuk menyampaikan aspirasi dan masukan pada sesi tanya jawabnya. Saya harap masukan-masukan kami itu bisa diberikan solusinya,” singkatnya.

Sebagai informasi, pada kesempatan ini Gubri Syamsuar juga melakukan peresemian gudang penangkar padi Kempok Tani Usaha Mandiri Sejatera, Desa Kedabu Rapat, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti.

Selain itu, orang nomor satu di Provinsi Riau tersebut melakukan interaksi tanya jawab kepada masyarakat Desa Kedabu Rapat. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *