Gubernur Syamsuar Beri Penghargaan untuk 10 Nelayan Teraktif Kumpulkan Sampah Laut

Gubernur Riau Syamsuar memberikan hadiah dan penghargaan kepada nelayan teraktif dalam mengumpulkan sampah laut.

LAMANRIAU.COM, DUMAI – Dalam Aksi Gerakan Nasional Bulan Cinta Laut (BCL) tercatat 75 nelayan teraktivasi dapat mengumpulkan lebih 2 ton sampah di lautan Dumai. Sampah-sampah itu dipisahkan berdasarkan jenis sampah yang dapat didaur ulang dan tidak dapat didaur ulang.

Oleh karena itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyerahkan penghargaan beserta bantuan kepada 10 nelayan teraktif, berdasarkan penimbangan sampah yang tekah dikumpulkan.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan yaitu 75 paket sembako, 660 liter minyak goreng, 75 live jacket, 10 timbangan, 100 karung sampah berukuran satu ton, serta kaos dan topi sebanyak 15 pcs.

Gubri berharap kontribusi nelayan terhadap sampah laut dapat berkelanjutan. Hal itu, sebutnya, demi menjaga kesehatan lingkungan.

“Saya berharap pengumpulan sampah ini tidak hanya gencar dilakukan selama Gernas BCL ini saja, namun dapat berkelanjutan karena hal ini demi kepentingan kita bersama untuk menciptakan lingkungan yang sehat,” kata Gubri Syamsuar, Sabtu 12 Agustua 2023.

“Untuk menyelamatkan negara dan rakyat ini butuh kepedulian bersama, butuh rasa cinta terhadap negeri. Maka mari kita jaga, terutama cinta kepada laut kita,” imbuhnya.

Lebih lanjut, mantan Bupati Siak dua periode itu menyebutkan, plastik merupakan salah satu permasalahan lingkungan hidup yang dihadapi masyarakat karena terbuat
dari bahan yang tidak ramah lingkungan dan sulit untuk didaur ulang. Sehingga, berpotensi menimbulkan pencemaran lingkungan.

Untuk mengendalikan penggunaan produk berbahan plastik dan menekan volume sampah plastik perlu dilakukan. “Maka itu kami buat Pergub nomor 50/2019 tentang pembatasan penggunaan plastik sekali pakai di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau,” kata Gubri.

“Saya mengharapkan pihak perusahaan, nelayan serta masyarakat peduli dengan menjaga kondisi laut, untuk menjaga lingkungan agar tidak tercemar,” singkatnya.

Pada kesempatan itu, Gubri juga menyerahkan penghargaan kepada 11 mitra pendukung Gernas BCL. Kemudian, 370.000 ekor benur udang Vanamei kepada kelompok petambak di Provinsi Riau.

Sementara itu Direktur Pendayagunaan Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (P4K) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Yusuf SHut, MS memuji perhatian khusus Gubernur Riau terhadap pelaksanaan Bulan Cinta Laut yang digelar pemerintah. Menurutnya, Gubri merupakan gubernur pertama yang terlibat aktif.

“Kami mengapresiasi Gubernur Riau yang mau langsung turun dalam program kementerian ini. Beliau adalah gubernur pertama yang turun langsung dalam kegiatan bulan cinta laut,” ungkap M Yusuf.

Yusuf juga menyatakan kebahagiaan saat berkunjung ke Kota Dumai, Provinsi Riau. “Saya sangat senang saat turun di Kota Dumai ini, yang mana langsung disambut oleh gubernur dan jajarannya. Saya yakin, jika pemimpinnya peduli akan laut, masyarakatnya akan lebih peduli terhadap laut,” tuturnya. ***

Editor: Fahrul Rozi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *