Kajian  

Amalan Sunnah Dianjurkan Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

Amalan Sunnah Dianjurkan Saat Maulid Nabi Muhammad SAW

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Umat muslim akan memperingati Maulid Nabi 2023 atau hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang akan jatuh pada 12 Rabiul Awal dalam penanggalan Hijriah atau dalam kalender masehinya jatuh pada Rabu, 27 September 2023.

Maulid Nabi berasal dari dua kata bahasa Arab yakni Maulid dan Nabi, kata Maulid memiliki makna yang sama dengan kata milad yang berarti “lahir” atau “kelahiran”, dan Nabi yang dimaksud adalah Nabi Muhammmad saw, dari pengertian tersebut dapat dimengerti bahwa Maulid Nabi sebagai kegiatan memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad saw yang dilakukan dengan mengenang kembali sejarah dan perjuangan Rasulullah saw.

Ketika mengadakan acara Maulid Nabi, tentu sangat banyak makna yang dapat diambil untuk dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari, misalnya terkait 4 sifat terpuji yang dimiliki oleh Nabi Muhammad saw yakni shiddiq, amanah, tabligh, dan fathanah.

Shiddiq memiliki arti jujur. Sikap ini adalah sebuah sikap esensial yang harus dimiliki oleh setiap orang, mengapa demikian? Karena kejujuran merupakan sebuah modal utama untuk dapat percaya satu sama lain.

Yang kedua adalah amanah yang berarti dapat dipercaya. Selain memiliki sifat jujur, seseorang harus berusaha agar dirinya dapat dipercaya dalam mengemban suatu tugas. Sifat amanah yang dimaksud adalah melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya dengan penuh tanggung jawab.

Ketiga, tabligh yang berarti menyampaikan. Seseorang harus dapat menyampaikan amanah yang diberikan kepada orang yang berhak menerima amanah tersebut.

Terakhir, fathonah yang berarti cerdas. Cerdas bukan berarti terkait pembelajaran akademik saja, tetapi juga tentang cara seseorang untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada di dalam hidupnya, atau terkait mencari solusi yang tepat terhadap sebuah masalah yang sedang dihadapinya.

Selain meneladani sifat Nabi Muhammad saw di atas, masih terdapat banyak hal yang dapat dilakukan sebagai bentuk merealisasikan makna Maulid Nabi dalam kehidupan. Bershalawat juga merupakan hal penting sebagai wujud cinta kepada Nabi Muhammad saw. Dengan bershalawat, seseorang akan mendapatkan berbagai kemuliaan seperti dijanjikan pahala berlipat oleh Allah Swt, diangkat derajatnya, bahkan Allah menjanjikan akan mengumpulkan orang yang gemar bershalawat bersama Nabi Muhammad saw di surga. Kemuliaan-kemulian tersebut dapat diraih dengan sangat mudah, yang terpenting adalah niat agar dapat selalu bershalawat di setiap waktu yang ada.

Amalan Sunnah yang baik dikerjakan dalam Memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW

1. Membaca Dzikir

Amalan sunnah yang dianjurkan untuk dibaca saat Maulid Nabi adalah berdzikir kepada Allah SWT. Berdzikir merupakan salah satu cara untuk lebih dekat dengan sang pencipta. Berdzikir juga menjadi salah satu cara untuk menjadi pribadi yang lebih baik, beriman dan bertaqwa.

2. Membaca Shalawat

Membaca bacaan shalawat sebanyak-banyaknya merupakan salah satu amalan sunnah yang sangat dianjurkan saat Maulid Nabi Muhammad SAW. al ini juga ditegaskan dalam surat Al-Qur’an, yang memiliki arti:

“Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkan salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al Ahzab: 56)

3. Memberi Sedekah

Dalam menyambut Maulid Nabi Muhammad SAW juga dianjurkan untuk bersedekah. Hal ini bertujuan sebagai ungkapan rasa syukur atas berkah yang diberikan oleh Allah SWT kepada umatnya.

Allah SWT bersabda “Dan (ingatlah) ketika Tuhanmu memaklumkan, Sesungguhnya jika kamu bersyukur, niscaya Aku akan menambahkan (nikmat) kepadamu, tetapi jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka pasti azab-Ku sangat berat.” (QS. Ibrahim; 7)

4. Membaca Alquran

Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang selanjutnya adalah membaca Al-Qur’an. Dalam perayaan Maulid Nabi, biasanya akan diisi dengan pembacaan ayat-ayat yang berhubungan dengan kehadiran atau diutusnya Rasulullah SAW sebagai pencerah untuk seluruh umat sekaligus sebagai rahmat bagi alam semesta. Membaca Al-Qur’an juga mempunyai banyak keutamaan, salah satunya yaitu menjadi syafaat kelak saat di hari kiamat.

Dari Zaid, ia mendengar jika Abu Sallam berkata, telah menceritakan kepadaku Abu Umamah Al Bahili ia berkata; Saya mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Bacalah Al Qur`an, karena ia akan datang memberi syafaat kepada para pembacanya pada hari kiamat nanti.” (HR. Muslim).

5. Membaca Buku Rawi (buku sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW)

Amalan Maulid Nabi Muhammad SAW yang bisa dikerjakan yaitu membaca dan mempelajari semua sejarah serta riwayat Rasulullah SAW melalui kitab maupun buku. Selain itu, kita juga dapat menceritakan kebaikan-kebaikan dan keutamaan-keutamaan Nabi Muhammad SAW kepada sesama Muslim.

6. Melaksanakan Salat Sunnah

Melaksanakan salat sunnah seperti salat dhuha dan tahajjud merupakan amalan yang sangat dianjurkan. Selain itu, melaksanakan salat sunnah ini juga merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT.***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: M.Amrin Hakim

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews