Besok Siang, Peserta Ekspedisi Jurnalistik PWI Riau Tiba di Kuansing

Rapat persiapan penyambutan peserta ekspedisi jurnalistik, Kamis (6/6/2024) siang di Sekretariat PWI Kuansing.

LAMANRIAU.COM, TELUKKUANTAN — Sebanyak 120 peserta ekspedisi jurnalistik Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Riau untuk Lomba Karya Tulis Jurnalistik (LKTJ) Raja Ali Kelana, Jumat, 7 Juni 2024 siang dijadwalkan tiba di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing).

Seratusan peserta ekspedisi jurnalistik yang digelar sempena Hari Pers Nasional (HPN) 2024 tingkat Provinsi Riau itu terdiri dari para anggota PWI kabupaten/kota se Provinsi Riau.

Peserta ekspedisi jurnalistik yang akan mengeksplor budaya pacu jalur khas Kuansing tersebut berangkat dari Pekanbaru menggunakan dua bus pariwisata.

Dijadwalkan mereka berangkat pagi sekira pukul 07.30 WIB dan diprediksi tiba di Kota Telukkuantan pukul 12.00 WIB.

“Insya Allah kalau tidak ada halangan mereka (peserta ekspedisi, red) berangkat besok pagi pukul 07.30 WIB,” kata Ketua PWI Kuansing Desriandi Candra kepada wartawan, petang tadi di Sekretariat PWI Kuansing, Telukkuantan.

Kedatangan para peserta ekspedisi jurnalistik PWI Riau bakal disambut Bupati Kuansing Dr H Suhardiman Amby diwakili Kadiskominfoss Hendra Roza dan jajaran.

“Mereka nanti akan disambut pak Kadiskominfoss mewakili Bupati,” ujarnya.

Diterangkan Andi -sapaan akrab Ketua PWI Kuansing- ekspedisi yang digelar selama dua hari yakni 7-8 Juni ini bertujuan untuk mengeksplor wisata budaya khas Kuansing, yakni Pacu Jalur yang dibingkai dalam sebuah tulisan.

“Makanya, peserta nantinya akan kita bawa ke salah satu desa yang sedang membuat jalur, yakni Desa Kampung Baru, Kecamatan Sentajo Raya,” katanya.

Selain itu, lanjut Andi, peserta juga akan mendapat paparan atau ekspos dari Bupati dan Dinas Pariwisata Kuansing terkait budaya pacu jalur yang sudah berumur ratusan tahun itu.

“Ada ekspos juga nanti dari pak Bupati dan Kadis Pariwisata,” tuturnya.

Selain itu, peserta juga akan diajak untuk menikmati festival pacu jalur di Tepian Rajo, Kecamatan Pangean. Di sana, peserta bisa melihat secara langsung bagaimana tradisi pacu jalur itu digelar.

“Kita juga siapkan dua tenda saat pembukaan dan satu tribun untuk peserta ekspedisi agar mereka bisa menikmati sekaligus mengeksplor pacu jalur lebih nyaman,” katanya.

Andi berharap ekspedisi jurnalistik PWI Riau di Kuansing berjalan lancar tanpa ada hambatan. Sementara untuk persiapan pelaksanaan ekspedisi jurnalistik telah 100 persen.

“Alhamdulillah persiapan sudah siap semua. Kita berharap ekspedisi jurnalistik PWI Riau di Kuansing berjalan lancar,” harapnya. ***

Editor: Suharman

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews