Forum Kolaborasi Indragiri Salurkan Donasi untuk Palestina

LAMANRIAU.COM, RENGAT – Forum kolaborasi Indragiri menyalurkan donasi uang sejumlah Rp 65.840.500 ke Amal Cinta Al Aqsa Indragiri, Minggu 23 Juni 2024.

Kegiatan aksi peduli Palestina kali ini diinisiatori oleh Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) Indragiri dengan mengajak seluruh komunitas dan organisasi yang ada di forum kolaborasi Indragiri.

Dimulai sejak tanggal 1 Juni – 23 Juni 2024, aksi peduli Palestina dilakukan dengan penggalangan dana di sejumlah titik diantaranya Belilas, Rengat, Pematang Reba, Air Molek, Kilan, Kelayang, dan Kuala Cenaku. Donasi terbanyak berhasil dihimpun di Belilas sejumlah Rp 24.468.800.

Koordinator aksi, Romadansyah menyatakan, pada kegiatan solidaritas peduli Palestina ini dilakukan di bulan Juni 2024 bertepatan dengan peringatan Hari Kesaktian Pancasila, mengingat Pancasila sebagai konstitusi negara yang mengamanatkan penjajahan di atas dunia harus dihapuskan.

“Saat ini ada bangsa yang sedang dijajah, dimana kemerdekaan Palestina merupakan cita-cita bangsa Indonesia juga,” katanya.

Sementara Ustadz Imron selaku penyalur dari Amal Cinta Al-Aqsa (ACA) mengatakan, donasi yang dikumpulkan ini jika dibelikan barang di Palestina sana memang tidak seberapa dikarenakan mahalnya harga bahan pokok, akan tetapi sebesar apa pun usaha tersebut pasti dihitung ibadah, dan ini menunjukkan sikap kita yang terus mendukung perjuangan kemerdekaan Palestina.

“Pada kegiatan puncak dilakukan orasi dan konvoi oleh seluruh organisasi, setelah itu ada aksi pelemparan bendera zionis Israel yang mengambil filosofis dari lempar jumrah yang di maknai membuang sifat syaiton dan juga pembakaran bendera israel sebagai bentuk mengecam tindakan brutal zionis atas rakyat Palestina,” ujar Ustadz Imron.

Ditambahkan, pada aksi peduli Palestina ini kita menginginkan kualitas donasi yang jumlahnya banyak agar dampaknya lebih terasa kepada masyarakat Palestina sebagai tujuan galang dana ini dilakukan.

Berikut organisasi/komunitas yang terlibat antara lain Rimba Inhu, Wanderlust Fams, Destinasi Wisata Inhu, Kompas Inhu, OSIS SMKN 1 Seberida, OSIS MAS Al-Ikhsan Buluh Rampai, OSIS SMAN 1 Batang Cenaku, Panti Asuhan Muhammadiyah Air Molek.

Lalu IKAMIHU, IMAKKEL, Yayasan Inhu Peduli, BEM Unrida, Indragiri Muda, Neoteck Engine, DPM Unrida, BEM Fashub Unrida, BEM STAI Madinatunnajah Rengat, BEM ITB, UKMI Al-Hijrah ITB-I, Nawaitu Foundation, PIK R SMKN 1 Rengat, HMM ITB Indragiri, Bank Sampah Babekah.

Selain itu OSIM Ponpes Hidayatulloh Kuala Cenaku, JPRMI Inhu, BEM STKIP Insan Madani Airmolek, DEMA STAI Nurul Falah Airmolek, OSIS SMAN 1 Rengat Barat, OSIS SMAN 2 Rengat Barat, OSIS SMK Kesehatan Har-Kausyar, dan Sobat Kluyuran Indragiri. ***

Editor: Fahrul Rozi/Penulis: Asrul Hadi

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews