Cara Sederhana Menanam Tanaman Hias Begonia

begonia

LAMANRIAU.COM – Menanam tanaman hias sela-sela kesibukan adalah hal yang mengasyikkan. Selain bisa mengisi halaman rumah agar asri dan indah, tanaman hias akan membuat rumah lebih terasa hidup. Begonia adalah salah satu tanaman yang mudah menanam dan merawatnya.

Kamu yang memiliki banyak kesibukan tak perlu khawatir kerepotan mengurus tanaman hias, bisa memilih tanaman hias yang tak memerlukan perawatan khusus. Begonia adalah tanaman sangat simple karena merupakan tanaman tropis dan subtropis.

Baca : Cara Merawat Tanaman Hias Tapak Dara

Tanaman Begonia ini sangat cocok bagi kamu yang ingin memulai menjadi gardener. Tahap menanam hampir sama dengan tanaman hias lainnya. Yuk lansung saja kita simak cara menanam dan merawat tanaman hias Begonia:

Memilih Jenis Tanaman

Tanaman Begonia pada umumnya memiliki dua jenis cara pengembangbiakan. Selain benih adalah dengan umbinya. Tanaman cantik ini juga bisa disetek.

Ada banyak sekali cara untuk menanam Tanaman hias yang satu ini. Kalau anda tidak mau repot, tinggal membeli benih yang banyak jual oleh pedagang bibit bunga atau membeli secara online yang kini sangat marak.

Pilih Media Tanam

Tanaman hias Begonia adalah tanaman yang cocok berada luar ataupun dalam ruangan. Kalau tanaman Begonia ini untuk tanaman luar, harus memastikan terkena cahaya matahari yang sesuai.

Hal ini bisa membantu untuk proses fotosintesis. Sedangkan kalau dalam ruangan, pastikan tanah yang kamu gunakan adalah sekam agar penyerapan airnya cepat masuk ke dalam tanaman dengan mudah.

Perawatan

Karena tanaman ini adalah yang cukup mudah dalam perawatan, hampir sama dengan tanaman lain hanya memerlukan penyiraman yang teratur. Namun juga harus memperhatikan jumlah kebutuhan air yang perlu. Jangan terlalu banyak, bisa saja nanti malah membusuk. Sedangkan nanti kalau kurang air tanaman Begonia malah akan layu.

Jadi perlu air yang seimbang saat merawat tanaman yang cantik ini. Untuk pemupukan, sebaiknya lakukan lima bulan sekali atau saat tanaman terlihat kurang nutrisi.

Hama dan Penyakit

Agar tanaman hias ini terhindar dari hama, sebaiknya sebulan sekali semprot dengan obat anti hama yang memiliki kadar pestisida rendah. Takutnya malah merusak tanaman Begonia ini. Maka dari itu jangan berlebihan kalau memberikan obat anti hama pada tanaman yang cukup unik ini. ***

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *