Panggung Zapin Meskom, Menjulang Tamaddun Budaya Melayu

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Merayakan Milad ke-5 tahun Tengkah Zapin mengadakan acara panggung Zapin Meskom se Kota Pekanbaru tahun 2018 di Taman Budaya Riau, Sabtu (6/10). Kegiatan mengusung tema Memangku Gerak Ibu diikuti berbagai sanggar tari.

Dalam acara ini hadir Datin Alzuhra Dini Alinoni, Datin Nuraini (Perempuan Lembaga Adat Melayu Riau), Herman Maskar (ketua Harian Dewan Kesenian Riau) dan Ketua Dewan Kesenian Riau R Yoserizal Zein.

Sanggar Tengkah Zapin yang dibina oleh Baiduri Zam, M.Si ini berhajat menjadi pewaris Seni Budaya Melayu, yang tersirat dalam perahu bertuliskan Bilik Rindu Budaya Melayu di logonya.

Payung atau landasan pijak sanggar yang berdiri tanggal 23 Agustus 2013 adalah tari Zapin Meskom, Bengkalis Riau, Indonesia. Zapin Meskom adalah Tari Zapin yang berada di kampong zapin Desa Meskom, Bengkalis. Tarian ini sudah mendapat pengakuan mata budaya Indonesia yakni dengan meraih sertifikat WBTB (Warisan Budaya Tak Benda) Indonesia pada tahun 2017 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Filosofi Ragam Gerak Zapin Meskom ini diciptakan berdasarkan unsur sosial masyarakat pendukung, bukan hanya semata-mata sebagai ungkapan ekspresi, tetapi merupakan wajah batiniah dan ekspresi cultural masyarakat yang melahirkan. Tarian ini lahir dilingkungan masyarakat Melayu Riau yang sarat dengan berbagai tata nilai.

menurut General Manager Sanggar Tengkah Zapin, Tania Dwika Putri, S.I.Kom, acara ini merupakan salah satu bentuk upaya generasi muda dalam mengangkat dan melestarikan nilai-nilai seni sebagai akar budaya Melayu, sekaligus sebagai wujud pengabdian anak negeri dalam rangka menjulang tamaddun Kebudayaan Melayu.

Acara ini hadiri sekitar 150 orang, 60 orang merupakan peserta yang berasal dari Kota Pekanbaru. Berikut ini adalah pemenang dari acara Panggung Zapin Meskom se Kota Pekanbaru tahun 2018. Juara 1 (SDN 63 Pekanbaru), Juara 2 (SDN 63 Pekanbaru), Juara 3 (SD Muhammadiyah 3 Unggulan), Harapan 1 (SD Darma Yudha), Harapan 2 (SD Santa Maria), Harapan 3 (SD An Namiroh 3).(rls)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *