Disbud Riau Gelar Pameran Koleksi Museum se Sumatera

Kadisbud Riau, Raja Yoserizal Zen

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Dinas Kebudayaan (Disbud) Provinsi Riau menggelar kegiatan pameran museum se Sumatera bertemakan Senjata Tradisional yang akan dibuka Gubernur Riau Syamsuar di ruang pameran tidak tetap Museum Sang Nila Utama di Pekanbaru, Kamis (26/9) pagi.

Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Riau Raja Yoserizal Zen mengatakan, kegiatan pameran ini diikuti 8 provinsi melibatkan, Provinsi Riau sebagai tuan rumah, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu dan Provinsi Lampung.

“Saya berharap, acara selama satu bulan penuh yang dimulai dari tanggal 26 September sampai dengan 24 Oktober 2019, berjalan lancar dan menjadi aura positif bagi masyarakat dalam pengetahuan tentang kebudayaan tradisional” kata Yose, Rabu (25/9).

Yoserizal menambahkan, kegiatan bersumber Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Riau ini, akan menampilkan 79 koleksi berbagai jenis senjata tradisonal dari masing-masing peserta.

Adapun 79 koleksi senjata tradisional meliputi, dari provinsi Aceh sebanyak 7 koleksi, Sumbar 8, Sumut 12, Riau 16, Jambi 7, Bengkulu 12, Lampung 8 dan Sumsel 9 koleksi.

“Sedangkan berdasarkan melibatkan, senjata pengolahan makanan terdiri dari 7 koleksi, senjata untuk berburu 10 koleksi, pembela diri 19 koleksi, menyerang 26 koleksi, upacara 9 koleksi dan perubahan fungsi senjata 4 koleksi,” ujarnya.

Yose mejelaskan, kegiatan tahunan ini sudah berjalan 5 kali, diawali pada tahun 2015 di Provinsi Sumsel, 2016 Bengkulu, 2017 Jambi, 2018 Sumbar dan 2019 saat ini berada di Riau.

Sedangkan untuk 2020 bergeser ke Sumut, 2021 dan 2022 belum ada kepastian apakah Aceh atau Jambi. Terakhir pada tahun 2023 ditutup di Provinsi Lampung.

Tetkait peserta pameran, informasi dari tim pelaksanaan sudah datang semua dan beristirahat disalah satu hotel yang ada di Kota Pekanbaru.

“Saya mengajak semua lapisan masyarakat, mari sama-sama kita saksikan pameran ini, agar dapat menambah wawasan dan pengetahuan tentang bermacam jenis senjata tradisional yang ada di wilayah Sumatera ini,” pungkasnya. (str)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *