Kajian  

Kala Mayit Mendengar Suara Orang yang Masih Hidup

orang hidup

LAMANRIAU.COM – Hubungan ruh dengan orang yang hidup ada tiga: Kedua, Allah memperlihatkan keadaan keluarga yang masih hidup kepada beberapa orang yang telah meninggal.

Para ulama menegaskan bahwa mayit bisa mendengar suara orang yang berada di dunia dalam kondisi tertentu. Sebagaimana dsebutkan dalam beberapa hadis, diantaranya,

1. Hadis dari Anas bin Malik, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam bersabda, “Sesungguhnya seorang hamba ketika telah d iletakkan d i kuburan dan d itinggal pulang orang yang mengantarkannya, d ia bisa mendengar suara sandal mereka” (HR. Muslim 2874)

2. Hadis dari Abu Thalhah, bahwa setelah belalu 3 hari pasca-perang Badr, Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam mendatangi tempat pertempuran bersama para sahabat dan memasukkan mayit orang musyrik ke dalam satu lubang. Selanjutnya beliau bersabda,

“Wahai Abu Jahl bin Hisyam, wahai Umayah bin Khalaf, wahai Uthbah bin Rabiah, wahai Syaibah bin Rabiah, apakah kalian telah mendapatkan kenyataan dari apa yang d ijanjikan Rabb kalian? Sungguh aku telah mendapatkan kenyataan dari apa yang dijanjikan Rabku.”

Spontan Umar bertanya, “Ya, Rasulullah, bagaimana mereka bisa mendengar? Bagaimana mereka bisa menjawab? Padahal mereka sudah jadi bangkai.”

Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam menjawab, “Demi Allah yang jiwaku berada di tangan-Nya. Kalian tidak lebih mendengar dari apa yang aku ucapkan dari pada mereka. Namun mereka tidak bisa menjawab.” (HR. Bukhari 3976)

[baca lanjutan]

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *