Riau  

Hari Ini 3 Pasien Covid-19 Meninggal Dunia, Klaster Kantoran Semakin Mengkhawatirkan

LAMANRIAU.COM, PEKANBARU – Kasus pasien terkonfirmasi positif di Provinsi Riau masih terus terjadi peningkatan. Dalam sebulan ini kasus terkonfirmasi positif sudah masuk dalam klaster keluarga dan klaster kantor, baik di instansi pemerintahan maupun di perusahaan swasta.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, mengatakan, untuk hari ini terdapat penambahan 138 kasus positif, pasien sembuh 84 orang, dan meninggal dunia 3 orang. 

Penambahan kasus positif di Riau yang mulai masuk klaster keluarga dan juga kantor ini, dikarenakan masih banyaknya masyarakat yang tidak disiplin terhadap protokol kesehatan. Termasuk masih enggannya pasien yang terkonfirmasi positif Orang Tanpa Gejala (OTG), untuk mengisolasi mandiri.

“Yah, sekarang sudah banyak klaster keluarga dan klaster kantor instansi pemerintahan dan swasta. Terutama di Pekanbaru, Siak dan Kampar. Masih banyak masyarakat yang tidak disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan, makanya terpapar terhadap orang yang kontak erat,” jelas Mimi Yuliani Nazir.

Mimi mengatakan, bagi pasien yang OTG isolasi mandiri, lebih baik perawatan tidak dirumah, dan tidak menularkan terhadap keluarga. Karena jika isolasi mandiri di lokasi yang telah disiapkan, tidak menularkan kepada pihak lain.

“Selama perawatan di lokasi karantina akan diberikan pengobatan sampai sembuh,” jelas Mimi.

Untuk kasus pasien meninggal dunia yang masih terus meningkat dalam sebulan ini, kata Mimi, disebabkan pasien tersebut ada penyakit bawaan selain Covid-19. Dan usia pasien yang meninggal rata-rata di atas 50 tahun. 

“Memang terjadi peningkatan kasus pasien meninggal dunia akibat Covid-19 ini. Mereka lama dirawat di rumah sakit, dan ada penyakit bawaan sehingga menyebabkan pasien meninggal dunia. Termasuk usianya juga di atas 50 tahun, ada juga yang dibawah 50 tahun, tapi tak banyak,” jelas Mimi. (MCR)

Ikuti berita lamanriau.com di GoogleNews

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *